Tunggu Pengosongan Bangunan, Proyek Pelebaran Jalan Raya Manyar Gresik Baru Dilaksanakan

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Proyek pelebaran jalan raya dikawasan Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, mulai dari exit tol hingga depan JIIPE untuk mengurangi intensitas kemacetan terus digenjot.


Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik, Ahmad Hadi proyek itu sudah dilaksanakan pembahasan secara teknis sejak pertengahan tahun 2021. 

"Intensitas kemacetan yang tinggi di Jalur Pantura Deandels dan mendukung program strategis nasional yang ada di wilayah Kabupaten Gresik menjadi dasar kuatnya alasan pelebaran jalan tersebut," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (1/9).

Hadi menambahkan, kewenangan dan teknis konstruksi menjadi domain Balai Besar Pengelola Jalan Nasional (BBPJN). Karena, status jalan Daendles adalah jalan nasional. 

"Secara desain badan jalan nantinya yang sebelumnya dari 2 lajur dengan lebar eksisting 7 meter akan dilebarkan menjadi 4 lajur dengan lebar 14 meter dan total lebar secara keseluruhan menjadi sekitar 22 meter," tuturnya.

Berdasarkan schema lanjut Hadi,  pelaksanaan konstruksi direncanakan menjadi 3 segmen atau tahapan. Pertama, sepanjang sekitar 1,5 Km dari exit toll manyar sampai pertigaan leran. Kedua mulai dari pertigaan leran ke utara sampai terbangun jembatan manyar baru dan ketiga dilanjutkan pelebaran jalan sampai akses masuk kawasan JIIPE.

"Pelaksanaan konstruksi dimulai, setelah kondisi lahan di sisi utara sudah dapat dikosongkan atau di relokasi. Harapannya tahun ini, sudah bisa clear lahannya dan dapat diagendakan pekerjaan konstruksi jalannya oleh BBPJN," ungkapnya. 

"Upaya pelebaran jalan ini, membutuhkan partisipasi dan support semua pihak yang terkait. Baik OPD teknis, Kecamatan, Desa (Pemerintah Desa) perusahaan diwilayah setempat hingga masyarakat khususnya warga yang saat ini masih menempati lahan rumija milik jalan nasional.

Sehingga keinginan semua pihak untuk mengurangi kemacetan di Jalur Pantura Deandels di wilayah Kecamatan Manyar khususnya bisa segera terwujud demi kemaslahatan umum," pungkasnya.