Pemuda Madiun Diduga Bjorka Jadi Perbincangan Usai Diamankan 

Tangkapan layar hacker Bjorka/Net
Tangkapan layar hacker Bjorka/Net

Seorang pemuda asal Madiun menjadi perbincangan di kalangan wartawan usai diamankan Tim Cyber Mabes Polri pada Rabu (14/9). 


Pemuda berinisial AM (21), warga Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, dikabarkan sebagai sosok hacker Bjorka yang ramai di jagat maya. 

Info dari kalangan wartawan, AM dibawa ke Polsek Dagangan. Hingga tengah malam AM masih menjalani pemeriksaan di Polsek tersebut.  

Kantor Berita RMOLJatim berusaha meminta keterangan dari dua Kapolres yaitu Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono dan Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo. Namun hingga kini belum mendapat tanggapan

Diketahui Bjorka diduga telah berhasil meretas beberapa data rahasia milik pemerintah Republik Indonesia (RI). Selama tahun 2022, Bjorka berhasil meretas 3 jenis data rahasia, di antaranya 150 juta data penduduk Indonesia dari data KPU, data sekitar 1,3 miliar pengguna SIM card, hingga Surat Rahasia BIN ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terbaru, Bjorka telah membongkar identitas pribadi para elit negeri ini, mulai dari Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Puan Maharani, Erick Thohir, dan Denny Siregar. Tak hanya itu, Bjorka juga mengklaim telah membongkar sosok dalang di balik pembunuhan aktivis Munir Said Thalib.