Walikota Sutiaji Turun Langsung Atur Kabel Ruwet di Program Rebo Rapi

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji turun langsung mengatur kabel ruwet di program Rebo Rapi saat menyasar di lokasi Jalan Kawi, Kota Malang. Program yang direalisasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tersebut, merupakan kegiatan penataan kabel udara telah berjalan sejak 2019, namun akibat pandemi Covid-19 sempat tidak aktif.


"Dalam rangka menjaga estetika kota, kita aktifkan lagi Program Rebo Rapi. Kita pun sudah memiliki grup koordinasi dengan provider," ujar H. Sutiaji. Rabu (14/09)

Dalam merapikan kabel ruwet tersebut, H. Sutiaji diikuti oleh sepuluh provider jasa telekomunikasi di Kota Malang.

" Apabila hari ini ada yang tidak datang, kita lakukan pemutusan,” tandas orang nomer satu di Kota Malang itu.

Masih kata H. Sutiaji, bahwa Inisiatif Rebo Rapi merupakan bagian strategi jangka pendek. Dengan mengedepankan kolaborasi, dalam penanganan isu semrawutnya kabel utilitas di sejumlah ruas Kota Malang.

"Dengan adanya program Rabo Rapi yang rutin dijalankan setiap Hari Rabu ini, kita sudah berhasil menjangkau belasan ruas jalan, seperti ruas Jalan Borobudur dan Soekarno Hatta sebelum pandemi waktu itu. Maka dari itu, kita akan terus kembangkan," papar pria yang khas memakai kacamata itu.

Bahkan, H. Sutiaji juga menjelaskan, bahwa secara paralel regulasi penataan kabel pun akan dipersiapkan.

"Regulasinya juga sedang kita siapkan. Kita juga harus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya sebentar lagi akan musim hujan," pungkasnya.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Jajaran Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP), Dishub, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Layanan Pengadaan, Camat dan Polsekta Klojen, Satpol-PP, dan unsur wilayah setempat.