Jenis Anjing Samoyed Berperan Vital Menjaga Suku Semi-nomeden

Dari kiri Albert, Arghia (mamanya Gummy jenis Samoyed umur 4 bulan) dan Tommy (papanya Cotton jenis Samoyed)/ist
Dari kiri Albert, Arghia (mamanya Gummy jenis Samoyed umur 4 bulan) dan Tommy (papanya Cotton jenis Samoyed)/ist

The Jakarta Dog Show 2022 ditutup. Antusias warga sangat besar. Salah satunya dari ajang edukasi merawat hewan peliharaan.


Tidak bisa dipungkiri, anjing merupakan salah satu binatang peliharaan yang ternyata paling diminati. Meski demikian, masih ada yang belum bisa merawat anjing dengan baik, terutama pada anjing ras besar. Masih ada anjing peliharaan yang ditemukan mengalami masalah kulit, seperti bulu rontok dan head struke.

SSC dan KMHI yang berdiri 21 Juni 2021 tentu sangat peduli dengan ajang the Jakarta Dog Show 2022 yang digelar di [email protected] Sutera, Tangerang, Banten, 24-25 September. Pasalnha ini menjadi salah satu upaya edukasi perawatan anjing dengan baik oleh Komunitas Malamute Husky Indonesia (KMHI) dan Samoyed Social Club (SSC), dan Perkumpulan Kinologi Indonesia (PERKIN). 

Menurut salah satu pecinta anjing Jenis Samoyed, Arghia, mamanya Gummy Samoyed, salah satu dari 14 anjing ras termurni di dunia adalah bulunya tebal, berwarna putih, dengan wajah khas yang mirip dengan serigala. 

"Bentuk tubuhnya tegak sempurna, dengan ekor yang melengkung ke arah punggungnya. Mata dan mulutnya dibingkai oleh garis warna hitam, ekspresi wajah yang selalu ramah. Ini Jenis yang paling aku sukai," kata Arghia dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (25/9).

Nama Samoyed, lanjutnya, juga diambil dari nama suku Samoyede. Mereka adalah suku Asia yang bermigrasi ke Siberia ribuan tahun lalu, perkembangan anjing ini untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka tinggal yang bersuhu ekstrem dingin.

"Samoyed memegang peran yang vital dalam keluarga suku semi-nomaden. Selain menggembalakan rusa kutub dan menarik kereta salju, Samoyed juga diandalkan menjaga anak-anak mereka," ujar Arghia.

Berikut para juara dan keterangan yang dilombakan pada Kontes Fun Dog Festival 2022:

Lomba Fashion Show (thema September Ceria) yakni suatu perlombaan doggy yang juga banyak menyita perhatian pengunjung, di mana doggy-doggy didandani dengan berbagai macam kostum yang menarik, unik & sesuai thema kami, "Happy Summer" atau September Ceria. Tentu pemenang lomba ini adalah doggy yang didandani dengan kostum yang sangat menarik, unik, dengan tingkat kesulitan yang tinggi, yang selaras & serasi dengan kostum Pawrentnya.

Pemenang :

1. Snowy - anjing jenis Poodle, owner Mega Lestari dari Jakarta.

2. Azalea - anjing jenis Poodle, owner Lina dari Surabaya.

3. Quenny - anjing jenis Malamute, owner Indah dari Jakarta.

Lomba Obedience yakni suatu perlombaan doggy yang sangat menarik, yang menggambarkan ketaatan doggy terhadap berbagai perintah dari Pawrentnya, dan juga menunjukkan hubungan erat (bonding) doggy dengan Pawrent. Pemenangnya adalah doggy yang paling banyak mendengar dan menjalankan perintah dari Pawrent dengan tepat, benar dan sempurna.

Pemenang :

1. Dante - anjing jenis German Sheperd.

2. Lebron - anjing jenis Malamute.

3. Lexus - anjing jenis malamute.

Best handler

1. Ibu Wira anjing Husky.

2. Ibu Adeline anjing Labrador.

3. Ibu Citra anjing Husky.

Lomba Dance yakni suatu perlombaan doggy yang menghibur pengunjung. Sambil diiringi musik, doggy menari dengan tingkah lucunya dan taat terhadap perintah-perintah pawrent. Pemenangnya adalah doggy yang paling pawai unjuk kebolehan menari bersama pawrentnya di hadapan para juri.

Pemenang : 

1. Rocky - anjing Bischon, owner Supriono.

2. Simic - anjing Poodle, owner Audry Nangoi.

3. Lolly - anjing Mix Breed, owner Audry Nangoi.

Lomba makan yakni para doggy beradu cepat menghabiskan makanan yang disajikan oleh Panitia. Tentu doggy yang tercepat melahap makanan itulah pemenangnya. Lomba ini dibagi 3 size doggy : Small, Medium, Large.

Pemenang anjing sise Small :

1. Hanzo - jenis Shih Tzu

2. Azalea - jenis Poodle

3. Moscow - jenis Poodle

Pemenang anjing sise Medium :

1. Frost - jenis Golden Retriever 

2. Kupa - jenis Golden Retriever 

3. Chilli - jenis Labrador Retriever

Pemenang anjing sise Large :

1. Caesar - jenis Alaskan Malamute

2. Bella - jenis Alaskan Malamute

3. Bombom - jenis Alaskan Malamute

Lomba Come To Pawrent yakni para doggy beradu cepat datang ke Pawrent melalui arena yang penuh rintangan dan godaan yang diberi ranjau-ranjau snack. Lomba ini menggambarkan kedekatan/menjalin keakraban (bonding) doggy terhadap pawrent & mendengar suara panggilan dari Pawrentnya.

Doggy yang tercepat mencapai garis finish & tidak memakan ranjau-ranjau snack (sebagai jebakan) dan berdiri tepat di samping/di depan Pawrent adalah pemenangnya. Lomba ini juga dibagi 3 size doggy : Small, Medium, Large.

Pemenang anjing sise Small :

1. Moka - jenis Poodle

2. Zozo - jenis Pomeranian

3. Gummy - jenis Samoyed (usia 4 bulan)

Pemenang anjing sise Medium - Large :

1. Lexus - jenis Alaskan Malamute

2. Chessy - jenis Samoyed

3. Vodka - jenis Samoyed

Kegiatan Fun Dog Festival ini akan diadakan rutin. Bagi yang ingin mendapat informasi lebih lanjut dapat memfollow IG :

@samoyedsocialclub Dan @malamutehuskyclubind