Lantik Baznas Jember 2022-2027, Bupati Hendy: Harus Bantu Tekan Kemiskinan

Pelantikan pimpinan Baznas Kabupaten Jember 2022-2027 di pendopo Wahyawibawagraha Pemkab Jember/Ist
Pelantikan pimpinan Baznas Kabupaten Jember 2022-2027 di pendopo Wahyawibawagraha Pemkab Jember/Ist

Bupati Jember H Hendy Siswanto berharap Pimpinan Baru Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jember periode 2022-2027 bisa membantu menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Jember. 


Demikian dia sampaikan saat pelantikan pimpinan baru Baznas Kabupaten Jember masa Bhakti 2022-2027, di Pendopo Wahya Wibagraha Pemkab Jember, Selasa (27/9). 

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Jember KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman beserta sejumlah jajaran Forkopimda dan Pimpinan OPD Jember, Plh. Sekda Jember Arief Tyahyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Bobby A. Sandy, dan Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabagkesra) Achmad Musaddaq. Selain itu, hadir pula Ketua Baznas Jatim, KH Roziqi, Plt Ketua Baznas, Sholehudin.

Dalam sambutannya, Bupati Hendy menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Baznas sebelumnya yang telah melaksanakan amanatnya dengan baik.

Kepada pimpinan yang baru saja dilantik, dia berharap bisa dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Diantaranya bisa membantu program pemerintah mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Jember.

"Kemiskinan merupakan belenggu penderitaan dan berdasar BPS Jember, Kabupaten Jember menjadi daerah kedua paling miskin di Jatim," ujar Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

"Di Kabupaten Jember, angka kemiskinan dan dan pengangguran masih tinggi. Untuk itu perlu dibereskan bersama-sama," sambungnya. 

Dijelaskan Bupati Hendy, bahwa tipe orang Jember itu konsumtif dan gemar bersedekah. Namun, perlu ada ruang yang mampu mengelola itu untuk kemaslahatan warga Jember.  Untuk itu, keberadaan Baznas Jember, sangat dibutuhkan untuk menyalurkan bantuan.

"Baznas tak hanya membantu, tetapi juga membuka ruang atau hal baru," harap Bupati Hendy.

Karena itu, dia menegaskan bahwa Pemkab Jember siap mendukung hal tesebut. Tapi harus cepat, jangan lama-lama. Sepanjang sesuai regulasi dan bermanfaat, bisa segera direalisasikan. Pihaknya siap untuk bersinergi membuat regulasi terkait dengan penyaluran bantuan, yang cepat dan tepat sasaran.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Bupati Hendy juga berharap kepada jajaran Baznas Jatim untuk memberikan pendampingan terhadap Baznas Jember yang baru dilantik. 

"Pantau teman-teman ini agar tidak keluar jalur atau membuat regulasi yang kurang pas. Dengan begitu, benar-benar memberikan dampak positif untuk warga Jember," harap dia.

Adapun 5 Pengurus Baznas Kabupaten Jember periode 2022-2027 yaitu Saifullah Hudi (Ketua), M Rasyid (Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Zakat), Abdul Azis (Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pemberdayagunaan Zakat), Amiruddin (Wakil Ketua 3 Bidang Pengelolaan, Perencanaan keuangan & Pelaporan), dan Akhmad Rudi M (Wakil Ketua 4 Bidang Pengelolaan SDM).