Sri Untari: Jatim Bisa Jadi Provinsi Kuat Pasca Pandemi Covid 19

Fraksi PDIP DPRD Jawa Timur/ist
Fraksi PDIP DPRD Jawa Timur/ist

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno optimis Provinsi Jawa Timur memiliki modal dan dukungan yang kuat baik dari masyarakat maupun stakeholder yang ada untuk mewujudkan tagline 'Optimis Jatim Bangkit'.


"Kita masih punya PR terkait dengan kemiskinan ekstrem, hanya banyak proses pembangunan yang bisa kita lihat. Juga kekompakan antara kabupaten/kota bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan stimulus, sehingga Jawa Timur bisa menjadi provinsi yang kuat di dalam pemulihan kembali pasca Covid-19," ungkap Sri Untari, Rabu (12/10).

Disamping itu, Sri Untari menilai masyarakat Jawa Timur memiliki tingkat kekompakan, toleransi, dan kesalehan penduduk yang cukup tinggi. Hal ini, menurutnya, dapat menjadi instrumen yang bisa menstimulus upaya-upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah sehingga mendapatkan capaian yang optimal.

"Gubernur juga menyampaikan tentang IKI (Inisiasi, kolaborasi, dan inovasi) ini satu hal yang progresif, dalam hal ini. Karena kita bisa menjawab berbagai tantangan didepan mata dengan melalui Inisiasi, Kolaborasi, dan Inovasi," terangnya.

Melalui konsep IKI ini, Untari berharap agar Jawa Timur dapat semakin matang dalam memberikan mengakomodasi, melayani, dan memfasilitasi masyarakatnya untuk bisa bergerak bangkit bersama.

Terlebih, semangat inisiasi, kolaborasi, dan inovasi ini telah menjadi budaya yang mendarah daging di Jawa Timur sedari dahulu. Sejarah mencatatkan, Jawa Timur sebagai episentrum dari setiap peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di Republik ini baik semasa kerajaan, hingga kemerdekaan.

Dimulai dari masa Majapahit, kemudian pra kemerdekaan dengan lahirnya organisasi kebangsaan Boedi Oetomo, hingga lahirnya tokoh-tokoh besar seperti Bung Karno, Bung Tomo, Kyai Hasyim Asy'ari, dan banyak pejuang yang memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Maka Jawa Timur memiliki DNA semangat kebangkitan yang sangat luar biasa. Terbukti di era pandemi kita tidak terlalu lama untuk bangkit kembali. Melihat segala sesuatu dengan keutuhan, kekuatan, dan tekad kita bersama-sama," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tersebut.

Mengutip filosofi Jawa, 'Jer Basuki Mawa Beya', Untari menegaskan bahwa untuk selamat, berhasil dan bahagia, membutuhkan pengorbanan serta kerja keras. Maka dalam HUT Jatim ke-77 ini dia meminta seluruh stakeholder untuk merefleksikan makna filosofis itu dalam kerja-kerja nyatanya ditengah masyarakat.

"Sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim, saya mengucapkan selamat hari jadi Jawa Timur ke-77. Optimis Jawa Timur, bangkit jayalah Jawa Timur-ku, Bumi Majapahit ini, agar terus ke depan menjadi provinsi terkuat di Bumi Nusantara," tandas Sri Untari.