TGB Zainul Majdi: Santri Miliki Bekal Kemampuan Adaptif dan Karakter Kuat

TGB Zainul Majdi di Pesantren Tebuireng/RMOLJatim
TGB Zainul Majdi di Pesantren Tebuireng/RMOLJatim

Ketua Alumni Al Azhar Indonesia, TGB Zainul Majdi menjadi salah satu narasumber dalam Seminar Nasional dengan tema "Aktualisasi Peran Santri Dalam Membangun Bangsa Berdaya dan Bermartabat Insani" di Pondok Pesantren Tebuireng, yang digelar oleh Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA).


TGB Zainul Majdi menyebut santri memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia. Dimana santri yang notabene mereka yang memperoleh pendidikan di lingkup Pesantren telah memiliki bekal kemampuan adaptasi yang mumpuni dan karakter yang kuat.

"Santri mempunyai niat baik untuk membangun Indonesia. Dalam konteks Indonesia ke depan, niat baik itu sangat penting untuk menuntun wajah Indonesia ke depan," kata TGB Zainul Majdi yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Partai Perindo, Senin (24/10) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurut TGB Zainul Majdi, peran para santri telah terbukti diberbagai kesempatan waktu dalam sejarah bangsa dan negara Indonesia. Baik di waktu sebelum, maupun sesudah kemerdekaan Indonesia.

Dia pun mengutip salah satu hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari tentang pentingnya niat baik untuk membangun Indonesia. Bahkan hadits tersebut tidak hanya menekankan pada aspek niat baik, tapi juga karakter dan tatanan nilai. 

"Ini niat baik dan karakter santri, tidak materialistis bukan kasat mata, tidak terlihat tapi sangat menentukan. Maka, di pesantren diajarkan tentang karakter yang baik. Dan itu jadi bekal untuk membangun Indonesia dan itu sudah ada dan itu diajarkan di pesantren," katanya.

Selain TGB HM Zainul Majdi, acara tersebut juga dihadiri Ketua Asosiasi Ma'had Aly Indonesia, KH Nurhannan dan Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz.

Diketahui, CSSMoRA adalah organisasi yang menaungi mahasiswa penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi dari Kementrian Agama (Kemenag).