Jelang G20, Polres Probolinggo Perketat Pengamanan PLTU Paiton

  Kasat Samapta Polres Probolinggo saat memimpin Apel. /Ist
Kasat Samapta Polres Probolinggo saat memimpin Apel. /Ist

Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan di gelar pada 15 hingga 16 November 2022 di Pulau Bali.


Peserta KTT G20 adalah negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. 

Acara besar tersebut juga dihadiri oleh Presiden RI Jokowi Widodo sebagai perwakilan dari Indonesia.

Sementara untuk pasokan listriknya di acara KTT G20 itu, di suplai dari PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo.

Untuk mensukseskan dan mendukung acara temu kenegaraan itu, Polres Probolinggo setiap harus standby di PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo.

Hal itu dilakukan, untuk menjaga tingkat keamanan dilokasi PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo yang merupakan penyuplai tenaga listrik.

"Kita setiap hari standby dan menjaga PLTU Paiton ini, supaya KTT G20 berjalan sukses,"kata Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Kasat Samapta Polres Probolinggo, Iptu Siswandi, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (11/11).

Menurutnya, acara KTT G20 di Bali mempunyai dampak besar terhadap perekonomian masyarakat Indonesia.

"Karena ini acara dunia dan dampaknya luar biasa pada masyakarat Indonesia, kita mendukung penuh kegiatan itu dengan cara mengamankan PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo,"paparnya.

Selain itu masih katanya, pemantauan keamanan dilokasi PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo ini dilakukan selamanya hingga KTT G20 selesai.

"Jadi kami sudah lama memantau keamanan di lokasi PLTU Paiton, apalagi PLTU Paiton merupakan obyek vital nasional,"paparnya.

Sehingga pihaknya tidak ingin acara KTT G20 di Bali, terkendala jaringan listrik.

"Karena PLTU Paiton saat ini merupakan PLTU berkapasitas terbesar di Indonesia,"pungkasnya.