Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, Wali Kota Malang Luncurkan Titik Baca Digital

  Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji saat luncurkan Titik Baca Digital/Ist
Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji saat luncurkan Titik Baca Digital/Ist

Dalam menumbuhkan minat baca masyarakat, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji secara simbolis meluncurkan titik baca digital di Balai Kota Malang. Kamis (10/11)


Titik baca digital tersebut, merupakan terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda), ditujukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.   

"Dengan hadirnya inovasi ini, harapannya budaya membaca meningkat di Masyarakat. Mengapa demikian? Karena aksesnya semakin mudah. Ini sangat bagus dan merupakan komitmen dari kami. Tentu patut diapresiasi, pasalnya ini juga bagian dari smart city," ujar H. Sutiaji. 

Sementara itu, Kepala Dispussipda Kota Malang, Ir. Yayuk Hermiati, MH mengatakan, bahwa dalam pengaplikasiannya masyarakat tinggal melakukan scan QR Code yang tersedia di lokasi.

"Setelah melakukan scan QR Code yang tersedia, masyarakat dapat mengakses koleksi buku digital yang dimiliki Pemkot Malang. Dan tidak perlu daftar. Sehingga ini sangat memudahkan sekali," ungkap Yayuk. 

Ia pun juga menyampaikan, setelah diluncurkannya perdana titik baca di Balai Kota Malang tersebut, berikutnya akan dilakukan pada belasan titik lainnya di berbagai fasilitas publik. Di antaranya di Mal Pelayanan Publik, area Car Free Day, Idjen Boulevard, Alun-Alun Kota Malang hingga seluruh perpustakaan SD dan SMP di Kota Malang.

"Kalau rincian jumlah koleksi yang tersedia mencapai 1.087 buku digital, meliputi 287 judul buku umum dan 800 judul buku pendidikan," terangnya. 

Masih kata, Yayuk, peluncurannya dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, sekaligus menjadi refleksi semangat Pemerintah Kota Malang.

"Untuk mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan, lewat upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," pungkasnya. [adv]