Survei Indikator: 65,6 Persen Masyarakat Percaya Kapolri Mampu Tuntaskan Kasus Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net

Mayoritas masyarakat masih meyakini komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menuntaskan pengusutan Tragedi Kanjuruhan.


Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, saat merilis survei terbaru bertema "Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI" secara daring, Minggu (13/11).

“Dari mereka yang mengetahui tragedi Kanjuruhan, 65,6 persen yakin dan percaya Kapolri akan mengusut tuntas kasus tersebut,” kata Burhanuddin.

Pada temuan lain, kata dia, data Indikator juga menunjukkan tingginya pengetahuan masyarakat terkait komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam menuntaskan tragedi Kanjuruhan.

Pasalnya, sambung dia, sebanyak 76,3 persen masyarakat mengetahui komitmen Kapolri Listyo Sigit dalam menuntaskan tragedi Kanjuruhan. Dari yang mengetahui, mayoritasnya percaya Kapolri Listyo Sigit akan menuntaskan kasus tersebut.

Dalam survei ini, Indikator menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Survei ini memiliki toleransi kesalahan sekitar kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun survei dilakukan periode 30 Oktober - 5 November 2022 atau tepat sebulan setelah peristiwa nahas di Stadion Kanjuruhan, Malang. Survei dilakukan dengan cara wawancara lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.