Hadapi Kejurnas, 26 Atlet Ju-jitsu Jatim Digembleng Fisik dan Mental

Atlet Ju-jitsu Jatim saat latihan fisik di GOR Gelora Hasta Brata Adi Buana Surabaya/RMOLJatim
Atlet Ju-jitsu Jatim saat latihan fisik di GOR Gelora Hasta Brata Adi Buana Surabaya/RMOLJatim

Pengurus Besar Ju-jitsu Indonesia Jawa Timur (PBJI Jatim) menggelar pemusatan latihan kepada para atletnya dalam menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Yogjakarta pada 3-4 Desember mendatang.


Ketua Umum PBJI Jatim, Dr. Taufiqurrahman, SH., M.Hum mengatakan, saat Kejurnas nanti pihaknya akan mengirim 26 atlet yang tampil dalam 16 klas, diantaranya klas 52 kg dan 62 kg. 

"Pemusatan latihan fisik ini lebih menekan pada aspek fisik," terangnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim disela-sela memantau pemusatan latihan di GOR Gelora Hasta Brata Adi Buana Surabaya, Senin (14/11).

Menurutnya, pemusatan latihan fisik tersebut telah dilakukan sejak dua minggu yang lalu di Blitar. Sedangkan mulai hari ini hingga H-1 Kejurnas latihan akan dipusatkan di Surabaya.

"Bukan hanya fisik saja, kita juga gembleng psikisnya.Harapan kami ketika Kejurnas nanti mereka sudah siap secara fisik, secara mental juara mereka sudah juag siap" kata Taufiqurrahman.

Kejurnas di Yogyakarta nanti, lanjut Taufiqurrahman, merupakan tiket atlet Ju-jitsu Jatim masuk ke Pekan Olah Raga (PON) Aceh-Sumut 2024.

"Tentunya targetnya adalah Jawa Timur menjadi juara umum," ujar pria yang juga  menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Wijaya Putra.

Sementara itu, Humas PBJI Jatim Yona Bagus menerangkan jika ke 26 Atlet telah dilakukan karantina. Selain fisik dan mental, pihaknya juga rutin melakukan tes kesehatan.

"Termasuk memberikan multivitamin agar kesehatan para atlet tetap terjaga," katanya.

Terpisah, Deva Bagus Setya Wicaksono salah seorang atlet Ju-jitsu Jatim yang pernah berlaga di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab mengatakan jika dirinya sudah siap berlaga di Kejurnas Yogyakarta. Dia mengaku, jika telah memiliki banyak pengalaman selama bertanding di Abu Dhabi.

"Ada banyak teknik yang telah saya pelajari dan tentu akan saya terapkan di Kejurnas nanti," ujarnya.

Sebagai salah seorang perwakilan atlet Ju-jitsu Jatim yang akan tampil di Kejuaraan, Deva mengaku telah mendapatkan restu dari keluarganya.

"Alhamdulillah, orang tua dan keluarga memberikan dukungan penuh," tandasnya.