Hubungan India dan Indonesia Sedang Meroket

Perdana Menteri India Narendra Modi menerima palu estafet Presidensi G20 dari Presiden Joko Widodo setelah KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada Rabu, 16 November 2022/Net
Perdana Menteri India Narendra Modi menerima palu estafet Presidensi G20 dari Presiden Joko Widodo setelah KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada Rabu, 16 November 2022/Net

INDIA dan Indonesia, tetangga maritim dan mitra strategis, memiliki hubungan peradaban selama lebih dari 2.000 tahun. Kedua negara memiliki hubungan yang sangat baik dan hubungan ini memiliki potensi besar untuk berkembang lebih jauh di tahun-tahun mendatang.

Baik India maupun Indonesia adalah negara demokratis dan memiliki masyarakat majemuk di mana berbagai agama, kelompok etnis dan budaya mereka hidup berdampingan serta hidup dalam harmoni. Sejak perjuangan kemerdekaan mereka melawan penguasa kolonial mereka di tahun 1940-an, India dan Indonesia telah saling membantu dan tetap berteman dekat.

"Hubungan antara India dan Indonesia tetap kuat baik di masa senang maupun sulit. Pada tahun 2018, ketika Indonesia dilanda gempa, kami segera memulai operasi Samudra Maitri," kata Perdana Menteri India Narendra Modi, dikutip ANI, saat berpidato pada pertemuan Diaspora India yang tinggal di Indonesia dan Friends of India di Indonesia di Bali pada tanggal 15 November 2022.

“Tahun itu ketika saya datang ke Jakarta, saya telah mengatakan bahwa India dan Indonesia mungkin berjarak 90 mil laut, tetapi kenyataannya, kita tidak terpisah 90 mil laut tetapi 90 mil laut dekatnya,” ujar Modi lebih lanjut.

PM Modi menyebutkan tentang Bali Jatra Odisha, sebuah perjalanan maritim dari Odisha ke Bali Indonesia di masa lalu, sebuah pameran perdagangan dan perdagangan tahunan di tepi sungai Mahanadi di Cuttack untuk memperingati sejarah maritim negara yang kaya.

“Ketika masyarakat Indonesia melihat foto-foto Bali Jatra tahun ini di internet, mereka akan bangga dan senang. Karena isu yang muncul akibat COVID, beberapa rintangan muncul. Setelah beberapa tahun, Bali Jatra Mahotsav dirayakan dalam skala besar dengan partisipasi massa di Odisha," ungkap PM Modi.

Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim, tidak menghalangi Indonesia untuk merangkul Ramayana dengan cara yang unik — setiap interpretasi layak dipelajari dan dianalisis dengan cermat. Para pemain sendratari Ramayana yang terkenal di candi Prambanan di Jawa Tengah semuanya beragama Islam.

Epik India — Ramayana dan Mahabarata — memainkan peran penting dalam budaya dan sejarah Indonesia, serta populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Prambanan merupakan salah satu kompleks candi terbesar di Asia Tenggara yang memiliki berbagai macam arca dan relief. Kompleks candi ini terletak di Desa Prambanan, dekat dengan Yogyakarta, di Kabupaten Klaten di Jawa Tengah.

Prambanan, Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991, merupakan candi Hindu terbesar kedua di Asia Tenggara setelah candi Angkor Wat di Kamboja. Candi ini juga dikenal sebagai Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang.

Kompleks candi Prambanan yang dipersembahkan untuk Dewa Siwa ini dibangun sekitar tahun 856 Masehi. Dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya Kerajaan Medang di Jawa Tengah. Namun tidak selesai pada masanya melainkan selesai dikerjakan pada tahun 856 M oleh penggantinya Raja Loka Pala.

Prambanan memiliki berbagai macam relief yang menghasilkan berbagai cerita dan simbol. Kisah Rama-Sinta merupakan salah satu yang tergambar dalam relief Prambanan. Ada juga relief lain di candi Prambanan, seperti burung mistis Garuda yang digambarkan setengah manusia setengah burung. Garuda adalah lambang negara Indonesia.

Ada tiga candi utama — candi Wisnu, Brahma dan Siwa — di kompleks candi Prambanan, yang melambangkan Trimurti dalam kepercayaan Hindu.

Setiap candi menghadap ke timur dan berdampingan dengan candi pendamping yang menghadap ke barat. Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, terdapat dua candi apit, empat candi kelir dan empat candi sudut. Sedangkan pelataran kedua memiliki 224 candi. Candi utama di kompleks Prambanan menjulang hingga 47 meter, 5 meter lebih tinggi dari candi Budha Borobudur di Yogyakarta.

Ketertarikan Indonesia terhadap Ramayana bukanlah hal baru — negara ini telah mengambil inspirasi dari Ramayana karya rishi Valmiki dan Ramayana karya penyair Tamil Kamban dan dengan demikian, Ramayana tetap berada dalam imajinasi dan lingkungan budaya negara tersebut.

Tidak hanya candi Prambanan, banyak candi Hindu dapat ditemukan di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Bali saat ini adalah pulau dengan mayoritas Hindu di Indonesia. Sejumlah prasasti berbahasa Sansekerta dengan aksara Pallawa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Kita juga bisa mengunjungi Museum Nasional di Jakarta untuk menemukan berbagai bukti arkeologi sejarah Indonesia yang menakjubkan. Di depan Museum tersebut, kita bisa melihat Patung Kereta Arjuna yang megah di Jakarta.

Dari abad ke-3 hingga abad ke-16, kita memiliki banyak kerajaan Hindu-Buddha di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Indonesia banyak menggunakan ungkapan Sansekerta dan nama Hindu dari Ramayana dan Mahabarata sangat umum di seluruh negeri. Ideologi negara Indonesia Pancasila (Lima Prinsip), semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity) dan semboyan Angkatan Laut Indonesia Jalesveva Jayamahe (Di Laut, Kita Berjaya) adalah beberapa ungkapan bahasa Sansekerta di Indonesia.

Film Bollywood dan yoga dari India juga sangat populer di Indonesia.

Namun, kekaguman budaya ini tidak sepihak. Orang-orang India juga sangat dekat dengan budaya Indonesia, termasuk budaya Hindu Bali. Selama kunjungannya ke Jawa dan Bali pada tahun 1927, peraih Nobel India Rabindranath Tagore begitu terpikat pada Bali dan berkata "Ke mana pun saya pergi di pulau ini, saya melihat Tuhan."

Pada tahun 1950, Perdana Menteri India Pandit Jawaharlal Nehru memuji Bali sebagai "Paginya Dunia”.

Nehru dan Presiden pertama Indonesia Sukarno bekerja sama untuk menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika Bandung 1955 yang terkenal, yang mengarah pada pembentukan Gerakan Non-Blok (GNB) pada tahun 1961.

Pada tahun 1991, India mengadopsi “kebijakan Melihat ke Timur” untuk lebih terlibat dengan negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di bawah Perdana Menteri Modi yang dinamis, India mengadopsi "Kebijakan Bertindak ke Timur" untuk lebih meningkatkan hubungan India dengan negara-negara Asia Tenggara.

Hubungan antara India dan Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2018 ketika Modi mengunjungi Indonesia. Baik Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Modi menerbangkan layang-layang di alun-alun Monumen Nasional (Monas) sebagai bentuk kasih sayang pribadi antara kedua pemimpin. Banyak perjanjian penting ditandatangani untuk memperbaiki hubungan.

Pada tahun 2016, Jokowi berkunjung ke India untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Ia juga mengunjungi India pada bulan Januari 2018 untuk menghadiri pertemuan KTT India-ASEAN.

Hubungan ekonomi antara India dengan Indonesia telah berkembang pesat. Indonesia telah bangkit menjadi mitra dagang terbesar kedua India di kawasan ASEAN setelah Singapura. Perdagangan bilateral India-Indonesia telah meningkat dari AS$6,9 miliar pada tahun 2007 menjadi $21,01 miliar di tahun 2021.

Dengan ekspor senilai $17,93 miliar ke India selama sembilan bulan pertama tahun ini, Indonesia telah membuat sejarah menjadikan India sebagai tujuan ekspor terbesar keempat Indonesia di dunia. Total perdagangan bilateral selama sembilan bulan pertama tahun ini mencapai rekor $25,46 miliar.

India adalah pembeli minyak sawit mentah terbesar dari Indonesia, serta importir utama batubara, mineral, karet, pulp dan kertas, serta cadangan hidrokarbon. Indonesia membeli produk minyak olahan, jagung, kendaraan komersial, peralatan telekomunikasi, biji minyak, pakan ternak, kapas, produk baja dan plastik dari India. India juga mengekspor obat-obatan dan formulasi dalam jumlah besar ke Indonesia.

Investasi asing langsung kumulatif India mencapai lebih dari $20 miliarvdi Indonesia. Kedepannya akan lebih banyak lagi investasi India yang akan masuk ke Indonesia.

Kedua negara telah menetapkan target perdagangan sebesar $50 miliar pada tahun 2025. Mengingat hubungan yang berkembang pesat, termasuk hubungan ekonomi, target ini dapat dengan mudah dicapai.

Di bidang pertahanan, kedua negara telah bekerja sama dengan erat. Mereka menyelenggarakan Samudra Shakti, latihan maritim bilateral dan Garuda Shakti, latihan militer gabungan, setiap tahunnya. Indonesia telah secara signifikan meningkatkan kerja sama angkatan laut dengan India, termasuk latihan bersama dan kunjungan pelabuhan oleh kapal perang, sebagai bagian dari fokus Jakarta pada keamanan maritim di Samudera Hindia.

Yang dibutuhkan sekarang adalah dimensi strategis futuristik untuk mempererat relasi soft power tersebut ke dalam pilar-pilar peradaban.

People-to-contacts antara India dan Indonesia harus ditingkatkan. Wisatawan India dapat mengunjungi Indonesia yang indah untuk melihat sisa-sisa budaya dan sejarah Hindu-Budha.

Pada tahun 2019, sekitar 657.000 wisatawan India berkunjung ke Indonesia. Angka ini mungkin akan berlipat ganda di tahun-tahun mendatang mengingat potensi pariwisata Indonesia.

Wisatawan India akan betah jika berkunjung ke Indonesia.

Pada tanggal 16 November, Jokowi secara resmi menyerahkan kepresidenan G20 kepada Modi. India akan menjadi presiden G20 pada tahun 2023. Jokowi mengatakan bahwa Indonesia mendukung penuh kepresidenan G20 India.

Hubungan antara India dan Indonesia saat ini sedang berkembang pesat dan mereka dapat mencapai ketinggian strategis baru di tahun-tahun mendatang.

*Wartawan senior yang berdomisili di Jakarta