Sibuta Perawat Susi, Cara Pemkab Bondowoso Mudahkan Petani dengan Aplikasi

Ket : Kadis Kominfo dan Kadis Pertanian/RMOLJatim
Ket : Kadis Kominfo dan Kadis Pertanian/RMOLJatim

Demi mempermudah para petani dalam pendistribusian pupuk bersubsidi, Pemkab Bondowoso melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso Bambang Soekwanto menggelar launching aplikasi, Jum'at (18/11). 


Aplikasi tersebut bernama Sistem Informasi Rencana Definitif Kebutuhan Petani Dan Perekam Wajah Petani Penerima Bantuan Pupuk Bersubsidi (Sibuta Perawat Susi). 

Hadir dalam kegiatan itu Sekda Kabupaten Bondowoso Bambang Soekwanto, Kepala Dinas Pertanian Hendri Widotono, Dan Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) Ghazal Rawan.

Kadis Kominfo, Ghozal Rawan menjelaskan bahwa aplikasi Sibuta Perawat Susi ini fungsi nya untuk mempermudah pendataan dan rekapitulasi kebutuhan pupuk pada tahun 2023 mendatang.

"Sibuta Perawat Susi ini merupakan aplikasi berbasis android untuk mempermudah pendataan dan rekapitulasi kebutuhan pupuk di tahun 2023 mendatang" ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Menurutnya para kelompok tani, kios kios di daerah dan juga para perangkat desa wajib untuk menginstal aplikasi tersebut.

"Terutama nanti yang wajib menginstal nya diantaranya itu dari kios, kelompok tani dan juga perangkat Desa" lanjutnya.

Ghozal menambahkan, kegiatan launching ini baru tahap sosialisasi di tingkat Daerah dan masih akan berlanjut sosialisasi di setiap Kecamatan.

"Ini kan launching jadi nanti akan di tindak lanjuti sosialisasi per Kecamatan kepada para petugas lapangan" Tutupnya. 

Tambahan informasi, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi alokasi pupuk bersubsidi tahun 2023.(Sugianto)