Dua Tahun Vakum Akibat Pandemi Covid-19, Bondowoso Kembali Gelar Festival Kopi Nusantara

Festival Kopi Nusantara di Bondowoso/RMOLJatim
Festival Kopi Nusantara di Bondowoso/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten Bondowoso kembali menggelar event Festival Kopi Nusantara, setelah sempat dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19 lalu. Acara tersebut digelar di alun-alun Raden Bagus Asra Bondowoso, yang dihadiri oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar serta sejumlah kepala OPD Bondowoso.


Kepala Dinas Pertanian, Hendri Widotono mengatakan bahwa pada hari festival kali ini hanya terfokus pada lomba penyajian kopi Bondowoso saja karena memang pesertanya yang terbatas.

"Jadi untuk kali ini hanya terfokus pada festival kopi Nusantara saja karena memang pesertanya yang terbatas" ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (26/11) malam.

Selanjutnya kadispertan Bondowoso itu juga mengatakan bahwa untuk tahun depan akan di tambahkan dengan jenis festival yang lain juga seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan jenis festival yang lain.

Lebih lanjut Hendri Widotono menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk merangsang para petani kopi mulai dari hilir.

"Ini kan teori nya festival kopi ini awalnya itu kita mengukir di hilir. Jadi ketika di hilir ini semua bergerak maka otomatis yang di hulu juga akan bergerak" pungkasnya.

Acara festival kopi Nusantara ini berlangsung selama 3 hari berturut turut mulai sejak tanggal 25 November sampai dengan 26 November 2022, dengan menyuguhkan kopi khas Kabupaten Bondowoso.