Teladani Ulama, PKS Silaturahim Ke Ponpes Tebuireng dan Berziarah ke makam Mbah Hasyim dan Gus Dur

Poto - PKS saat berkunjung ke ponpes Tebuireng dan berziarah
Poto - PKS saat berkunjung ke ponpes Tebuireng dan berziarah

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu bersilaturahim ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut, dirinya berharap nasihat dan doa dari ulama.


Menurut Syaikhu, silaturahim kader PKS ke pesantren Tebuireng ini dalam rangka untuk menjalin silaturahim dengan para alim ulama, sesepuh dan tokoh pondok pesantren.

"Kami juga mohon nasihat doa restu untuk tetap menjaga konsistensi yang senantiasa berikhtiar memperbaiki tatanan negeri ini," kata Ahmad Syaikhu, Senin (28/11) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Syaikhu menegaskan, bahwa membangun Indonesia tidak bisa dilakukan sendirian, harus bersama-sama dan juga berpegang teguh pada arahan para alim ulama, tokoh sepuh, khususnya ulama dari Ponpes Tebuireng. 

"Tebuireng ini poros penggerak peradaban di Indonesia. Kita semua tahu resolusi jihad dikeluarkan oleh Mbah Hasyim," ujarnya. 

Dia menilai, PKS masih banyak kelemahan di sana-sini. Karena itu, dirinya bersama-sama dengan banyak elemen bangsa mewujudkan berbagai kebaikan untuk negeri Indonesia. 

Rombongan dari PKS tersebut disambut langsung oleh pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang kerap dipanggil Gus Kikin. 

Dalam sambutannya, Gus Kikin berharap kedatangan PKS ke Tebuireng bisa membawa manfaat dan diridhoi Allah subhanahu wa ta'ala.

"Kami ini melanjutkan perjuangan KH Hasyim Asyari. Beliau selalu menekankan dua hal, yaitu menjaga keilmuan dan silaturahim. Kedatangan PKS saat ini cocok dengan pesan beliau," ujar Gus Kikin. 

Menurutnya, nasib bangsa Indonesia harus menjadi PR (pekerjaan rumah)yang wajib dipikirkan bersama. Silaturahim ini, dalam rangka menyamakan langkah bersama untuk bangsa. Yaitu, kebersamaan yang harus ada tindak lanjutnya, dalam rangka berbuat yang terbaik untuk Indonesia.

Usai sowan Gus Kikin, rombongan PKS melanjutkan kegiatannya dengan ziarah ke makam KH Hasyim Asyari, KH Abdurrahman Wahid dan KH Sholahuddin Wahid. 

Sebelum berziarah, rombongan PKS melakukan tahlil bersama-sama yang dipimpin oleh Gus Mirza. 

Setelahnya, Ahmad Syaikhu yang ditemani Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan melakukan tabur bunga ke makam KH Hasyim Asyari, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan KH Sholahudin Wahid atau Gus Sholah. 

Syaikhu menambahkan, ketiga tokoh tersebut merupakan ulama pejuang yang punya jasa besar terhadap NKRI. Dirinya ingin meneladani itu, karena dengan berziarah ke beliau ada tambahan spirit perjuangan.

"Mohon doanya agar PKS tetap istiqomah dan konsisten," tegasnya. 

Sementara, Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengatakan, ziarah ke makam para ulama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh para pengurus PKS. 

"Tahun ini, pengurus PKS Jatim  ziarah wali limo, sebelumnya, kami melakukan ziarah ke makam Syaikhona Cholil Bangkalan. Bagi kami ziarah makam para ulama memberi spirit tersendiri," pungkasnya.