Holistic Coffee Exfo Jember 2022, Kenalkan Kopi Lokal untuk Angkat Ekonomi Nasional

Bupati Jember Hendy Siswanto di ajang Holistic Coffee Exfo 2022 di Alun-alun Kota Jember/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto di ajang Holistic Coffee Exfo 2022 di Alun-alun Kota Jember/RMOLJatim

Ajang Holistic Coffee Expo (HCE) 2022, kembali hadir untuk mempertemukan seluruh pelaku kopi di Kabupaten Jember, dan berlangsung di Alun-alun Kota Jember, mulai Minggu (11/12).


Event tahunan untuk mengangkat perekonomian nasional, dengan membuka sudut pandang kopi dari sisi bisnis, culture dan sisi holistik kopi sendiri.

Wakil Bupati Jember, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), jajaran Pusat Penelitian dan Kopi Kakao (Puslitkoka) serta Bank Indonesia Jember juga hadir dalam acara yang mengangkat tema "Tingkatkan ekonomi nasional melalui kopi lokal" ini.

Bupati Jember, H Hendy Siswanto langsung memberikan sejumlah bantuan kepada perwakilan penerima bantuan dari pelatihan UMKM yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember.

"Ada sebanyak 2.100 orang yang telah mendapatkan pelatihan beserta dengan bantuan peralatan. Pelatihan serta pemberian bantuan peralatan tersebut sangat berhubungan dengan perhelatan Holistic Coffe Expo 2022, yang ketiga ini," ujar Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dengan demikian, ada tambahan kekuatan para pedagang baru yang dikemas dengan ilmu baru dari Pemkab Jember. Selain itu berkolaborasi dengan Puslitkoka dan BI Jember, potensi Jember bakal lebih dikenal.

Yakni  mengenalkan produk kopi lokal Jember agar lebih mendunia. Selain itu membuat acara itu semeriah mungkin agar pelaku UMKM Jember juga bisa berjaya.

"Nantinya, Jember bakal terus membuat event besar dan harus di outdoor. Dengan begitu, ekonomi kerakyatan menyongsong 2023 akan lebih baik," harapnya.

Bupati Hendy menegaskan bahwa Jember merupakan daerah dengan kopi robusta terbaik di Indonesia.

Karena itu Bupati Hendy mengajak semua pihak untuk saling berkolaborasi, mumpung masih punya jabatan. Terutama setiap OPD dan ribuan orang baru saja mendapatkan pelatihan dari Dinas Koperasi dan UMKM.

"Menyebarlah di pelosok Jember dan segera membuka lapak untuk berjualan. Jangan tidur, sambil lalu biar didukung para camat, kades, dan lurah masing-masing," ajak Bupati Hendy.