Produk Benih Padi Desa Slambur Madiun Banyak Diminati Petani Nusantara

Keterangan foto: Jenis benih padi unggulan jadikan padi super/net
Keterangan foto: Jenis benih padi unggulan jadikan padi super/net

Produk benih padi dari Prima Tani desa Slambur kecamatan Geger kabupaten Madiun banyak diminati petani. 


Tidak hanya di Kabupaten Madiun, tapi juga tingkat provinsi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan dari luar pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Aceh, bahkan dari luar Jawa datang sendiri ke Madiun untuk beli benih padi.

“Banyak petani yang sudah berlangganan baik dari pulau Jawa maupun luar Jawa pesan benih padi di Madiun, dikarenakan paling baik kualitasnya,” tutur pemilik pabrik produksi benih padi Endri, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu, (18/12).

UMKM yang berdiri sejak 2015 ini mengembangkan varietas-varietas arahan dari kementerian pertanian, terutama jenis Inpari IR Nutri Zinc yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (25%) dari pada varietas padi yang lain. Dimana arahnya untuk mencegah stunting dan meningkatkan sistem imun.

“Anjuran pemerintah disitu, dimana yang kita makan tidak semata-mata beras asal kenyang, tapi beras yang mengandung nilai gizi,” jelas Endri.

Pontensi produksi benih padi ini terekspos saat adanya Bakti sosial terpadu (BST) yang diadakan di desa Slambur pada hari jumat 2 desember 2022 lalu. Desa Slambur merupakan titik ketiga dalam kegiatan Bakti Sosial Terpadu (BST) yang digelar Pemkab Madiun pada 2022. Kerja bakti itu dipimpin langsung oleh Bupati Madiun, Ahmad Dawami.

"Secara umum, para pelaku UMKM ini sudah memiliki perizinan. Namun, tadi juga ada catatan mengenai pelabelan dan pengemasan. Itu yang menjadi masukan,” pungkas bupati yang akrab disapa kaji Mbing.