Pembangunan Infrastruktur di Era Jokowi Mampu Dorong Pertumbuhan Perekonomian Daerah

Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo/Net

Direktur Eksekutif Center For Research on Ethics Economy and Demoracy (CREED) Yoseph Billie Dosiwoda menilai pembangunan infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo cukup banyak memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.


Pasalnya, kata Yoseph, dengan adanya infrastruktur bisa mempermudah akses dan laju perekonomian.

"Saya menilai dengan objektif tentu sangat berpengaruh sekali, indikatornya adalah infrastruktur yang dibangun akan memudahkan pergerakan ekonomi di daerah," Yoseph dalam keterangannya, Sabtu (24/12).

Yoseph mengatakan bahwa di era Presiden Jokowi, infrastruktur yang dibangun di daerah tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Dari sisi infrastruktur jalan tol dan non tol, jalur kereta api, pelabuhan, bandara termasuk waduk yang bermanfaat bagi perairan untuk kegiatan irigasi persawahan di daerah," kata Yoseph.

Atas dasar itu, dia menilai, pembangunan di daerah akan mendorong kegiatan ekonomi daerah bukan saja dari infrastruktur melainkan dana desa dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Maka perlu juga kerjasama yang sinergi dan dukungan dari Pemerintah Daerah baik Provinsi Gubernur dan Kabupaten/Kota Bupati dan Walikota, dengan niat baik sama-sama membangun ekonomi daerahnya," pungkasnya.