Suplai Daging Ayam Potong di Musim Haji 2023, Gubernur Khofifah Gandeng MUI Jatim

Gubernur Khofifah mengungkapkan peluang  ekspor daging ayam potong di hadapan MUI Jatim/IST
Gubernur Khofifah mengungkapkan peluang ekspor daging ayam potong di hadapan MUI Jatim/IST

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan ada peluang pasar yang besar yang harus bisa dimanfaatkan. Yakni peluang ekspor untuk daging ayam potong untuk suplai makanan selama musim haji tahun 2023.


Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah di acara Evaluasi Akhir Tahun dan Anugerah Kinerja MUI Jatim 2022, di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (28/12) pagi.

Khofifah menyampaikan bahwa saat melakukan kunjungan kerja ke Riyadh dan Jeddah beberapa waktu yang lalu, ia bertemu importir yang menginginkan adanya suplai ayam potong halal dari Jawa Timur.

"Saya menyampaikan ini ada peluang besar untuk bisa mengirim daging ayam potong terutama pada saat musim haji karena saya sudah bertemu importir nya yang selama ini banyak mengimpor produk  UKM-IKM Jawa Timur," ujarnya.

"Ya sambil menghitung masa beternak ayam potong berapa bulan, kalau Januari dapat izin masih cukup," imbuhnya.

Ia berharap peluang tersebut dapat dijadikan plan of action dari MUI Jatim untuk tahun 2023.

Ia mengajak MUI Jatim untuk bisa mendorong dan memfasilitasi para produsen daging ayam potong untuk bisa mendapatkan sertifikasi halal dari pemerintah Saudi. Dan hal itu tentu juga akan didukung oleh BPJPH dan LPPOM pusat.

"Mudah-mudahan nanti bersama MUI ini kita bisa melakukan pelapisan dari BPJPH maupun lppom MUI untuk bisa memastikan bahwa proses perizinan untuk sertifikasi halal dari daging ayam potong Itu bisa kita dapatkan," harapnya.

Khofifah menambahkan bahwa pada Januari 2023 mendatang akan ada banyak bussines trip yang dilakukan dari beberapa negera ke Jawa Timur. “Insya Allah bulan Januari saja ada sekitar 4 kelompok yang memastikan akan melakukan bussines trip ke Jawa Timur,” tandasnya.

Karena menurutnya seorang pengusaha dan investor harus benar-benar yakin terhadap produk-produk yang akan mereka beli. Caranya dengan melihat secara langsung produk-produk tertentu.

Oleh karena itu, para investor dari beberapa negara itu akan melakukan kunjungan ke Jawa Timur guna melihat langsung produk-produknya.

"Tetap mereka harus 'ainul yaqin haqqul yaqin kalau saya bilang itu seeing is believing kalau saya melihat maka saya percaya," ucapnya.

"Mereka ingin pastikan termasuk mereka akan rencana investasi dan itu mereka harus ke Jawa Timur, insyaallah bisnis trip di bulan Januari ini ada banyak," pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum MUI Jatim KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah menyampaikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Gubernur Jatim telah banyak sekali memberikan dukungan kepada MUI Jatim. Sehingga pada musyawarah kerja MUI Pusat MUI Jatim mendapatkan penghargaan sebagai MUI terbaik pertama.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Jawa Timur, kepada Ibu Gubernur atas dukungannya selama ini kepada MUI Jatim," kata KH Mutawakkil.