Bagi Rahmad Handoyo, Penutupan Penerbangan dari China Bukan Solusi Tepat Tangkal Covid-19

foto/net
foto/net

Kehadiran ratusan warga negara China ke Bali di tengah kasus Covid-19 sedang melonjak di negeri Tirai Bambu memang telah menuai polemik di kalangan masyarakat. Namun demikian, politisi PDIP Rahmad Handoyo menilai penutupan pintu masuk ke Indonesia bukan solusi yang tepat.


Anggota Komisi IX DPR RI itu berpendapat, penutupan pintu masuk tidak pernah berhasil menahan lonjakan Covid-19. Sebaliknya, langkah tersebut justru memperburuk perekonomian nasional.

"Di manapun, negara tidak pernah efektif menutup penerbangan kemudian menutup pintu negara, jebol juga kan,” terang Rahmad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (1/1).

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini menambahkan, seharusnya yang saat ini yang dilakukan pemerintah adalah mempersiapkan diri secara matang dalam menghadapi ancaman sebaran virus. Termasuk, sebaran virus yang berpotensi dibawa warga negara asing yang masuk ke tanah air.

“Dengan cara apa? Dengan cara yang sudah disiapkan pemerintah. Protokol kesehatan, gerakan masyarakat hidup sehat, dan belum cukup saya kira harus dengan vaksinas,” katanya.