Hadapi Filipina di Stadion Rizal Memorial, Ini yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia

Timnas Indonesia harus hadapi kendala lapangan rumput sintetis saat menghadapi Filipina di Stadion Rizal Memorial Manila/PSSI
Timnas Indonesia harus hadapi kendala lapangan rumput sintetis saat menghadapi Filipina di Stadion Rizal Memorial Manila/PSSI

Laga melawan Filipina yang merupakan partai pamungkas penyisihan grup Piala AFF 2022 memunculkan kendalan tersendiri bagi Timnas Indonesia. Bukan karena Tim Garuda harus melakoni laga away, tapi kondisi Stadion Rizal Memorial yang jadi venue pertandingan dipandang bisa memberi dampak kurang baik.


Kondisi tersebut tak lain adalah efek dari rumput sintetis di lapangan stadion tersebut.

"Di Indonesia, kami tidak biasa bermain di lapangan sintetis. Jadi, kami mesti beradaptasi, tidak ada jalan lain," kata striker Indonesia, Ilija Spasojevic, usai berlatih di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu malam (31/12).

Lanjut pemain yang akrab disapa Spaso tersebut, rumput sintetis tak bisa mengalirkan bola secepat rumput alami.

"Cara berlari juga mesti berbeda. Itulah kenapa kami segera berangkat ke Filipina setelah laga melawan Thailand, untuk beradaptasi," imbuhnya.

Di sisi lain, kiper Nadeo Argawinata tetap yakin skuad Merah Putih tidak kesulitan bertanding di lapangan berumput sintetis. Sebab, mayoritas pemain sudah pernah bermain di rumput artifisial, termasuk di Stadion Rizal Memorial.

Ya, Nadeo merupakan salah satu pemain yang pernah merasakan rumput Stadion Rizal Memorial dalam SEA Games 2019 lalu. Begitupun dengan Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Muhammad Rafli, dan Egy Maulana Vikri yang kala itu masuk skuat Indonesia.

"Jadi tidak ada masalah besar. Meski begitu, kami tetap perlu membiasakan diri," ucap Nadeo.

Stadion Rizal Memorial, Manila akan menjadi tempat pertandingan skuad Garuda melawan Filipinan di Grup A Piala AFF 2022, Senin malam (2/1) pukul 19.30 WIB.

Hasil imbang sudah cukup untuk mengantarkan Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022. Skuad Garuda berpeluang menjuarai Grup A kalau mampu mengalahkan Filipina, meskipun tetap tergantung hasil laga antara Thailand melawan Kamboja.