Hadapi Tsunami Covid, Xi Jinping: Ini Tantangan Sulit

foto/net
foto/net

China telah memasuki fase baru dalam perjuangan melawan Covid-19. Namun negara berkomitmen untuk melindungi masyarakat semaksimal mungkin.


Begitu yang disampaikan oleh Presiden China Xi jinping ketika memberikan pidato pada malam Tahun Baru, Sabtu (31/12). Ini adalah komentar pertama Xi sejak pemerintahannya melonggarkan kebijakan Zero Covid pada 7 Desember.

“Mengikuti pendekatan berbasis sains dan terarah, kami telah menyesuaikan respons Covid kami dengan mempertimbangkan situasi yang berkembang, untuk melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat semaksimal mungkin,” kata Xi, seperti dikutip The Straits Times.

Dicabutnya kebijakan Zero Covid yang telah dilakukan selama tiga tahun membuat China mengalami lonjakan kasus secara signifikan, dengan para pakar kesehatan menyatakan kekhawatiran tekait munculnya varian baru mematikan.

Kebijakan Zero Covid sendiri dicabut setelah aksi protes besar-besaran yang dilakukan warga yang sudah tidak tahan dengan aturan lockdown hingga tes massal.

“Dengan upaya luar biasa, kami telah mengatasi kesulitan dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan ini bukanlah perjalanan yang mudah bagi siapa pun,” kata Xi.

Xi mengatakan, China bergerak ke fase baru pengendalian Covid-19, untuk itu ia meminta masyarakat untuk bersabar.

“Mari kita lakukan upaya ekstra untuk melewatinya, karena ketekunan dan solidaritas berarti kemenangan. Cahaya harapan ada tepat di depan kita," tutupnya.