KPU Jember Lantik 155 Anggota PPK untuk Pemilu 2024

Suasana pelantikan PPK di Jember/RMOLJatim
Suasana pelantikan PPK di Jember/RMOLJatim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember melantik 155 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk penyelenggaraan pemilu 2024.


Pelantikan berlangsung di Aula Edelweis Ballroom Cempaka Hill Jl. Cempaka Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, Rabu (4/1). 

Sebanyak 155 orang tersebut hasil seleksi dari 1.124 orang pendaftar, akhir tahun 2022 lalu. Dari seleksi berkas,  ada 612 peserta yang lolos administrasi dan berhak  mengikuti tes tulis metode Computer Assisted Test (CAT).

Hasilnya, 447 peserta dinyatakan lolos seleksi tes CAT. Yang akhirnya terpilihlah masing-masing Kecamatan, sebanyak 5 orang.

Menurut Ketua KPU Jember, Muhammad Syai'in, dari jumlah 155 anggota PPK , 1 peserta diantaranya berhalangan hadir. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pelantikan susulan.

"Kami  berharap seluruh anggota PPK Se-Kabupaten Jember dapat menjunjung tinggi nilai dan  menjaga netralitas," kata Muhammad Syai’in, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dengan demikian Pemilu dapat berlangsung umum, bebas dan rahasia, berlandaskan pada prinsip jujur dan adil.

Syai’in menambahkan, selanjutnya para anggota PPK yang sudah dilantik akan mengikuti pelatihan tentang wawasan penyelenggaraan pemilu hingga regulasi yang harus dipahami.

Setelah itu, tugas terbaru yang harus dijalankan yakni melakukan pemutakhiran data pemilih untuk mencari tahu data Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbaru. 

Bupati Jember, H Hendy Siswanto dama sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember, Edy Budhi Susilo mengatakan bahwa kesuksesan pemilu sangat bergantung kepada kinerja Penyelenggara Pemilu.

Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan permohonan maafnya karena berhalangan hadir.

"Kami juga berpesan agar PPK  juga dapat menjaga marwah demokrasi, yang akan menentukan nasib perjalanan bangsa lima tahun ke depan," ujar Edy saat membacakan sambutan tertulis Bupati Jember.