Krisis Air Bersih, PPP Desak Pemkab Probolinggo Perbaiki Pipa PDAM Bocor ke Pulau Gili

Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo, Habib Mahdi. RMOLJatim
Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo, Habib Mahdi. RMOLJatim

Krisis air bersih di Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, diharapkan tidak berlarut-larut.


Krisis air bersih yang disebabkan oleh rusaknya pipa PDAM didasar laut yang menyambungkan ke pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo ini, rusak akibat terkena jangkar.

Sehingga, rusaknya pipa PDAM ini berdampak pada ribuan warga Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, dengan krisis air bersih.

Krisis air bersih ini supaya tidak berlarut-larut, membuat Wakil Ketua Komisi B DPRD Propinsi Jawa Timur, Habib Mahdi angkat bicara.

Mahdi mengatakan, kalau selama ini bantuan yang di kirim untuk warga Pulau Gili Ketapang ini hanya bersifat sementara saja.

Namun, warga meminta kepada pemerintah kata Mahdi, untuk segera di perbaiki rusaknya pipa PDAM didasar laut itu.

"Sebenarnya permintaan warga itu untuk segera memperbaiki pipa PDAM yang bocor. Karena, kalau dibiarkan terus-menerus seperti ini, dampaknya pada masyarakat," paparnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (6/1).

Adanya bantuan air bersih kata Mahdi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pulau Gili Ketapang. 

"Akan tetapi, lebih baiknya lagi di perbaiki. Karena, bantuan air bersih itu hanya bersifat sementara saja,"tegasnya.

Sehingga, Politisi PPP ini mendesak pada Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo, untuk mendengarkan jeritan suara rakyat Pulau Gili.

"Kalau memang Pemkab Probolinggo membutuhkan uluran tangan agar krisis air bersih ini tidak berlarut-larut, mungkin saatnya untuk merangkul Pemprov Jatim," katanya.

Artinya, Pemkab Probolinggo kalau tidak mampu untuk memperbaiki pipa PDAM yang rusak ini, agar Pemerintah Propinsi Jawa Timur harus turun tangan.

"Karena kebutuhan air bersih ini merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa di biarkan begitu saja,"tegas Mahdi.

Perlu diketahui, warga Pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo mengalami krisis air bersih.

Mereka mengalami krisis air bersih ini, karena pipa PDAM Kabupaten Probolinggo mengalami rusak terkena jangkar pada Sabtu 24 Desember 2022. 

Hingga saat ini masih belum ada perbaikan tentang pipa PDAM yang mengaliri air ke pulau Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo ini.