Pakar Politik Sebut Sekda Surabaya yang Lolos Orang Terdekat Wali Kota, Ini Namanya

Tiga orang yang lolos seleksi administrasi Sekda Surabaya/ist
Tiga orang yang lolos seleksi administrasi Sekda Surabaya/ist

Pada pendaftaran seleksi pengisian jabatan pimpinan pratama sekretaris daerah (Sekda) Kota Surabaya 2-6 januari 2023 lalu, ada tiga orang yang mendaftar. 


Mereka adalah Dr Ikhsan SPsi MM atau yang menjabat sebagai Inspektorat Kota Surabaya, Lilik Arjanto ST MT atau yang menjabat sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya, dan R Rachmad Basari SE MM atau yang menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Kota Surabaya.

Ketiga ASN Pemkot Surabaya itu juga telah lolos pada seleksi administrasi yang dilakukan pada 8 januari 2023. 

Kemudian melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi jabatan pada 10-11 Januari 2023.

Menurut Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam, kandidat yang paling cocok atau dekat dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkemungkinan bisa lolos menjadi Sekda. 

Sebab Sekda dan Wali Kota harus punya frekwensi yang sama sebagai user dan akan support melayani pimpinannya.

"Jadi pertimbangan kecocokan akan menjadi variabel penting karena sekda pasti akan ditanya pusat siapa yg dikehendaki. Dari 3 calon yang lolos tinggal ditracking saja siapa yang paling dekat Wali Kota Pak Eri. Yang dikasih panggung banyak oleh wali kota saat ini," kata Surokim dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (11/1).

Saat ditanya siapakah dari tiga kandidat tersebut yang bakal lolos, Surokim menyebut Ikhsan, Inspektorat Kota Surabaya. 

Hal itu dilihat berdasarkan kebutuhan internal.

"Jika dilihat dari kebutuhan internal, Pak Ikhsan punya pengalaman yang relatif lengkap jika dibanding yang lain. Tapi kalau pertimbangan kecocokan dengan wali kota, ya Pak Wali yang tahu," jelasnya.

Namun, untuk permainan politik di dalamnya atau "titipan" juga dirasa minim. Sebab, pintu yang bisa ditembus hanya kepala daerah.

"Di era sekarang "titipan" kian tipis peluangnya, karena pintunya hanya bisa masuk lewat pintu wali kota saja," pungkasnya.