3 Hari Mendekam di Rutan KPK, Begini Kondisi Lukas Enembe

Gubernur Papua Lukas Enembe/RMOL
Gubernur Papua Lukas Enembe/RMOL

Selama tiga hari mendekam di Rutan KPK di Pomdam Jaya Guntur, Gubernur Papua Lukas Enembe (LE) dalam kondisi baik dan bisa beraktivitas sendiri. Namun, KPK tetap memantau secara rutin kesehatannya.


"Informasi yang kami terima, tersangka LE dalam kondisi baik, stabil, bisa beraktivitas sendiri seperti makan, mandi dan lain-lain di dalam Rutan KPK," ujar Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Minggu sore (15/1).

Tim dokter Rutan KPK kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK ini, juga selalu memantau rutin kesehatan Lukas, termasuk obat yang dikonsumsinya diberikan sesuai prosedur. Hal itu dilakukan seperti halnya perlakuan yang sama terhadap tahanan KPK lainnya.

"KPK pastikan seluruh hak-hak para tersangka dan tahanan KPK terpenuhi dan diberlakukan sama," pungkas Ali.

Lukas Enembe selaku tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua telah ditangkap KPK pada Selasa (10/1).

Dia resmi menjadi tahanan KPK pada Rabu (11/1), namun penahanannya dibantarkan karena harus dirawat sementara di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Pada Kamis (12/1), pembantaran penahanan Lukas telah selesai dan Lukas diperiksa perdana sebagai tersangka di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan. Pada malam harinya, Lukas langsung dijebloskan ke Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.