Bertempur di Jawa Timur, LSN: Prabowo Unggul di Atas Ganjar jika Maju Pilpres 2024

foto/net
foto/net

Provinsi Jawa Timur diprediksi bakal menjadi battleground pertarungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Tentunya, jika keduanya maju pada Pilpres 2024.


Hal tersebut menjadi catatan temuan Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dipaparkan Peneliti LSN Gema Nusantara Bakry pada Sabtu (15/1).

Melihat rekam jejak sebelumnya, kata Gema, pada semua pilpres, capres yang bisa menguasai Jawa Timur selalu memenangkan Pilpres.

"Dengan demikian, Jawa Timur selain menjadi battleground paling sengit juga akan menjadi daerah penentu kemenangan seorang capres," ujar Gema.

Secara elektabilitas, kata Gema, Prabowo memang masih unggul dari Ganjar di Jawa Timur. Hal ini, dengan memakai simulasi tiga nama plus Anies Baswedan.

"Sebanyak 42,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, sementara Ganjar dipilih oleh 41,9 persen responden dan sebanyak 13,5 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan.

Sementara, lanjutnya, masih ada 2,3 persen responden lainnya mengaku belum menentukan pilihan.

Survei dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 11 Januari 2023. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah sebanyak 1.200 responden.

Pengambilan sampel secara acak bertahap dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.