Muncul Tiga Nama Capres dan Cawapres, Relawan Jokowi Kembali Tegaskan Tolak Penundaan Pemilu

Panel Barus
Panel Barus

Isu politik tiga periode hingga penundaan Pemilu 2024 masih menjadi pembahasan hangat. Tapi, wacana itu sudah ditolak mentah-mentah oleh relawan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo yang saat ini sedang gencar menggelar Musyawarah Rakyat (Musra)


Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus mengatakan kalau pihak relawan dalam hal ini Projo, menegaskan kalau penolakan wacana tiga periode itu ditolak sejak 28 Desember 2022. Waktu itu, kata Panel, Projo menggelar konferensi pers pernyataan sikap soal wacana tersebut.

"Desember lalu, Projo konpers menolak tiga periode," ujarnya di sela acara Musra XIII Jatim, Minggu (15/1).

Panel menyampaikan, alasan relawan Jokowi menolak wacana tiga periode itu dikarenakan akan berbahaya untuk demokrasi dan konstitusi. Tak hanya itu saja, tiga periode itu akan menjatuhkan nama Jokowi yang sudah membangun sejumlah legacy selama dua periode ini.

"Kami melihat itu menjerumuskan Jokowi karena rayuan gombal yang menyesatkan," kata dia.

Untuk itu, sambung Panel, para relawan membuat Musra di provinsi-provinsi Indonesia. Musra ini menjaring rekomendasi rakyat terkait Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres). 

Ada tiga nama Capres yang muncul teratas. Ialah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan yang juga Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Lebih lanjut, juga ada tiga nama Cawapres yang mulai sering muncul. Yakni Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.