Pemkab Jember Luncurkan Bus Sekolah Gratis 2023, Buka Trayek Baru Pelosok Kota 

Bus sekolah gratis/Ist
Bus sekolah gratis/Ist

Peluncuran program Bus Sekolah Gratis oleh Pemkab Jember di hari kedua, Selasa (17/1), mulai mendapatkan sambutan antusias pelajar Jember. 


Bus dengan trayek baru hanya melayani pelajar Dari Terminal Tawang alun Jember, Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji hingga SMP Negeri 9 Jember, Jl. Kutai kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Gatot Triyono, program bus sekolah gratis ini adalah program  Bupati Jember melalui Dinas perhubungan dan didanai APBD 2023. 

"Bus berukuran sedang ini berisi 25 kursi dengan awak bus 2 orang, terdiri seorang sopir dan seorang lain kernet adalah pegawai Dishub Jember," ucap Gatot dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (17/1).

Dijelaskan Gatot, bus sekolah itu berangkat dari Terminal Tawangalun pukul 06.00 WIB menuju kota Jember. Dengan rute Terminal Tawang alun, Jalan Hayam Wuruk, simpang empat Argopuro belok ke kanan ke arah Jalan Imam Bonjol, melewati MAN 1 Jember, SMPN 5, MTs Negeri 1 Jember, SMK Kartini di jalan Letjen Sutoyo dan berakhir di SMPN 9 Jember. 

"Bus tersebut melayani trayek untuk sekolah yang tidak dilalui jalur angkutan kota (angkot)," katanya.

Bus ini juga melayani pelajar yang berada di Jalur jalan Nasional, seperti SMA Negeri 4 Jember di Kaliwates dan SMK Negeri 5 Jember, wilayah kecamatan Sukorambi.

Gatot menambahkan, Dinas Perhubungan juga telah mengatur jam pulang, Hari senin hingga kamis penjemputan dimulai dari SMPN 9 Jember mulai pukul 13:30 WIB. Hari Jumat pukul 10:30 WIB dan Sabtu pukul 12:30 WIB dengan tujuan akhir di Terminal Tawangalun melewati rute yang sama.

"Kami menghimbau orang tua atau wali murid untuk mengarahkan anaknya yang sekolah di jalur tersebut supaya naik bus sekolah," harap dia. 

Sebab, selain gratis, juga demi keamanan dan keselamatan putra-putrinya. Apalagi jika sang anak masih belum memiliki SIM, karena belum cukup umur dan rawan menjadi korban kecelakaan lalulintas.

Sebelumnya, Dinas perhubungan me-launching bus gratis, khusus pelajar tahun 2023, Senin 16 Januari 2023 kemarin. Namun di hari pertama penumpang masih sepi, karena banyak pelajar atau wali murid yang belum mengetahui adanya bus sekolah gratis.