NU Jember Gelar Resepsi Satu Abad, Baca Satu Juta Sholawat dan 100 Kali Hataman Alquran  

Bupati Jember, Hendy Siswanto saat menjadi inspektur apel Kader Penggerak NU di PP Nuris Antirogo/Ist 
Bupati Jember, Hendy Siswanto saat menjadi inspektur apel Kader Penggerak NU di PP Nuris Antirogo/Ist 

Masih dalam rangkaian menyambut satu abad Nahdlatul ulama (NU), PCNU Jember menggelar baca satu juta sholawat Nariyah dan 100 kali hatam Alqu'an serentak. 


Pembacaan sholawat dan hataman Alqur'an tersebut digelar di 26 Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul ulama (MWCNU)  wilayah PCNU Jember mulai 16-19 Januari 2023. Dilanjutkan dengan resepsi satu abad NU, Mujahadah Kubro dan silaturrahmi kader NU, Sabtu (21/1). 

Acara ditutup dengan apel 3.000 kader penggerak NU di lapangan Taman Bunga Sabtu Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember dengan inspektur upacara, Bupati Jember, Hendy Siswanto, Ahad (22/1) pagi.

Menurut wakil Ketua PCNU Jember, KH Robith Qosidi, di usia ke 100 tahun, PMIPBNU mengangkat tema ‘Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru’. 

PCNU Jember melakukan ikhtiar lahir dan bathin untuk menjemput abad kedua. Diantaranya melakukan gerakan membaca 1 juta sholawat Nariyah juga 100 kali hatam Alqur'an. 

"Pada usia NU yang satu abad ini, harus kita disyukuri, karena banyak ormas yang gugur dalam hitungan tahun dan puluhan tahun saja. Kami diharapkan NU terus bisa berkontribusi bagi kemajuan dan merawat aqidah umat Islam ahlussunah waljama'ah," ujar pria yang biasa disapa Gus Robith ini.

Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sambutannya menjelaskan bahwa organisasi NU merupakan organisasi Islam kemasyarakatan yang telah berdiri sebelum kemerdekaan. Oleh karenanya, kiprah dan kontribusi segenap kader NU dimanapun berada sudah tidak diragukan lagi. Hingga saat ini organisasi NU terus aktif memberikan sumbangsihnya yang besar baik kepada masyarakat,bangsa maupun negara. 

"Dalam usianya yang 100 Tahun ini, PBNU mengangkat tema Mendigdyakan NU Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru. Melalui tema ini kita harapkan dapat membangkitkan semangat pembaharuan di tengah-tengah umat," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati juga mengajak segenap elemen masyarakat untuk bersatu dan bersama-sama bergerak memantapkan langkah guna berperan  aktif di berbagai bidang pembangunan khususnya di Kabupaten Jember. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Jember kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap warga NU yang selama ini senantiasa berjuang, mengabdikan diri dan membangun kebersamaan dalam pembangunan dan kemaslahatan umat," pungkas Bupati.

Sedangkan Rois Syuriah PCNU Jember, KH Muhyiddin Abdusshomad, secara terpisah mengungkapkan rasa syukurnya bahwa NU dalam beberapa hari ke depan sudah mencapai usia satu abad. 

"Kami berharap agar NU dan kader NU dapat lebih meningkatkan peran dan manfaatnya di tengah-tengah masyarakat. Sebab, adanya peran dan manfaat adalah bukti bahwa sebuah organisasi masih eksis," katanya.