Ridwan Kamil akan Bangun Patung Bung Karno di Bandung

foto/net
foto/net

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku memiliki kekaguman dan kecintaan terhadap sosok Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.


Sebagai bentuk kekaguman dan kecintaan tersebut, Emil sapaannya mengatakan, dirinya telah mendedikasikan sosok Presiden Soekarno sebagai nama jalan di kawasan Asia-Afrika Bandung, yakni Jalan Soekarno.

Di samping itu, pihaknya juga telah merevitalisasi berbagai tempat yang berkaitan dengan Presiden Soekarno, seperti Penjara Banceuy dan makam Ki Marhaen yang merupakan sosok di balik dicetuskannya ideologi Marhaenisme.

"Terbaru, kita sedang persiapan membangun patung Bung Karno di Bandung, itulah rasa cinta kami sebagai anak bangsa terhadap Bung Karno. Termasuk, Ibu Inggit Garnasih (Istri kedua Soekarno) telah disetujui menjadi Pahlawan Nasional," kata Emil saat hadiri acara puncak HUT ke-50 PDIP di area Gedung Sate Bandung, Sabtu (28/1).

Di sisi lain, Emil menyebut, Jawa Barat adalah provinsi yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kurikulum antiradikalisme dan antiterorisme di SMA, termasuk kurikulum revolusi mental Jabar masagi.

"Indeks toleransi di Jawa Barat rata-rata 90 persen masyarakat menyampaikan siap berdampingan dengan mereka yang berbeda. Ini membuktikan Jawa Barat Pancasilais dalam keberagaman," tegas dia, dikutip Kantor Berita RMOLJabar