Begini Langkah Gus-gus Jatim Pendukung Ganjar, Atasi Kelangkaan Air di Ponpes Darul Hikam Ponorogo

Gus Gus Jatim Pendukung Ganjar
Gus Gus Jatim Pendukung Ganjar

 Air bersih sangat vital bagi seluruh kalangan masyarakat di berbagai daerah, tak terkecuali pondok pesantren yang harus memenuhi kebutuhan para santri.


Sebagai upaya mengatasi persoalan kelangkaan air bersih itu, Gus-Gus Nusantara (GGN) Jatim memberikan bantuan sumur bor di Pondok Pesantren Darul Hikam, Desa Joresan, Kec. Mlarak, Kab. Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (2/2). 

Koordinator Wilayah GGN Jawa Timur Gus Alwy Hasan mengatakan sumur bor tersebut sudah rampung dikerjakan dan kini tengah masuk tahap uji coba. Hal itu adalah tindak lanjut dari silaturahmi dan survei yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Jadi, bantuan ini kami rasa sangat berarti bagi pondok. Karena selama ini pondok di sini begitu sering antre dalam melaksanakan kegiatan mandi," ucap Gus Alwy saat melakukan peninjauan.

Menurut Alwy, bantuan sumur bor ini hadir dari keresahan para santri yang terpaksa mengantre akibat kecilnya debit air di kamar mandi maupun tempat wudhu. Sumur bor itu secara simbolis diterima langsung oleh Rizal selaku pengurus ponpes.

Raut wajah riang gembira dari para santri terpancar begitu melihat derasnya debit air yang bakal digunakan untuk keperluan mandi, cuci, kakus (mck) hingga berwudhu.

"Mudah-mudahan di sini atas pemberian pengadaan air bersih dan bantuan pembuatan sumur bisa membantu dan bermanfaat," jelas Gus Alwy.

Pada kesempatan itu, Gus Alwy tak hanya meninjau sumur bor. Dia juga ikut hadir dalam kegiatan para santri seperti pengajian rutin ba'da ashar.

Dirinya berharap masyarakat pesantren dapat memanfaatkannya secara optimal. Sehingga, mendongkrak semangat para santri dan pengurus untuk beraktivitas di lingkungan ponpes.

"Harapannya santri di ponpes darul hikam disini lebih senang dalam mencari ilmu agama dan mudah-mudahan lebih tepat waktu dalam melaksanakan kegiatan di ponpes ini," ujar Gus Alwy.

Rizal (32) selaku pengurus Ponpes Darul Hikam mengapresiasi niat baik GGN yang berlatar belakang putra para kiai untuk meningkatkan kualitas pendidikan pesantren melalui bantuan pembuatan sumur bor.

"Dari pondok kami mengucapkan terimakasih dan mudah-mudahan menjadi bermanfaat ke depannya. Semoga bisa mengurangi antrean untuk mencuci ataupun mandi," jelas Rizal.

Sekadar informasi, GGN Jatim turut menyalurkan bantuan berupa sejumlah paralon, dan gayung yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan ponpes.