Demi Keamanan, Laga Persebaya Versus Arema FC Digelar di Luar Jatim Tanpa Penonton

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto/Ist
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto/Ist

Operator Liga 1 2022/2023, PT Liga Indonesia Baru (LIB) secara resmi mengumumkan penundaan laga panas Persebaya Surabaya melawan Arema FC. Pertandingan sejatinya digelar pekan ini di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Minggu 5 Maret 2023.


Polda Jawa Timur (Jatim) pun telah menerima laporan penundaan pertandingan bertajuk Derby Jatim tersebut. Saat ini, PT LIB masih mengatur ulang jadwal pertandingan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto melalui video menyampaikan, pihak kepolisian menyarankan agar pertandingan digelar di luar Jatim saja.

"Sekali lagi pertandingan ini kita rekomendasikan untuk dilakukan di luar Jawa Timur tanpa penonton," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, melalui vidio yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (2/3).

Dirmanto menegaskan, penundaan pertandingan antara Persebaya Vs Arema lantaran keduanya dikenal memiliki atmosfer panas, baik di dalam maupun di luar lapangan. Untuk itu, perwira dengan tiga melati emas itu menyampaikan agar pertandingan Persebaya lawan Arema FC digelar di luar Jatim dan tanpa penonton.

"Risiko pertandingan dimana suporter Persebaya dengan Arema punya sejarah rivalitas yang tinggi," kata Dirmanto.

Selain alasan itu, Dirmanto juga menerima laporan bahwa stadion dengan standar internasional dan akreditasi tinggi, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya masih dalam renovasi. Stadion yang berada di Benowo ini diproyeksikan menjadi venue Piala Dunia U-20.

"Infrastruktur lapangan Gelora Bung Tomo masih dalam renovasi," kata dia.

Sebelumnya, manajemen Persebaya pihak  mendapatkan kepastian penundaan pertandingan bertajuk Derby Jatim itu setelah menerima surat bernomor 084/LIB-KOM/III/2023. Surat itu dilayangkan oleh operator liga, PT LIB.

"Diterima siang tadi," tulis akun Persebaya. "Operator kompetisi memutuskan status pertandingan menjadi ditunda," sambungnya.

Terkait kepastian pertandingan Persebaya lawan Arema FC ke depannya, manajemen Persebaya tidak mendapatkan kepastian rinci. Karena masih akan dijadwal ulang. "Laga Persebaya melawan Arema FC akan dijadwalkan ulang oleh PT LIB," tulisnya.

Untuk diketahui, dalam pertandingan sebelumnya saat Persebaya menjadi tamu dari Arema FC di Stadion Kanjuruhan, tim berjuluk Bajul Ijo tersebut berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor tipis 2-3.

Kekalahan tersebut harus dibayar mahal. 135 Suporter Arema yang memiliki julukan Aremania atau Singo Edan harus meregang nyawa saat terjadi kerusuhan. Dan, kejadian itu telah dikenal dengan Tragedi Kanjuruhan.