UEA Catat Sejarah Baru, jadi Negara Arab Pertama Kirim Astronot ke Ruang Angkasa

Astronot UEA, Sultan Al Neyadi/Net
Astronot UEA, Sultan Al Neyadi/Net

Uni Emirat Arab (UEA) mencatat sejarah baru. UEA menjadi negara Arab pertama yang mengirim astronot ke ruang angkasa.


Astronot UEA, Sultan Al Neyadi telah bergabung dengan dua astronot NASA dalam misi ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) selama enam bulan. Mereka meluncur menggunakan roket SpaceX, Falcon, pada Kamis pagi (2/3) waktu setempat.

Di Twitter, Presiden UEA Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, menyampaikan rasa bangganya dan mengucapkan selamat kepada Neyadi atas prestasi yang telah ditorehkan itu.

“Saya bergabung dengan bangsa untuk memberi selamat kepada Neyadi saat dia memulai misi di Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Pencapaiannya yang menginspirasi merupakan sumber kebanggaan besar bagi UEA dan tonggak penting lainnya dalam perjalanan bangsa dan ambisi rakyat kita,” kata Al Nahyan.

Dimuat Gulf Today, beberapa dari para pejabat UEA juga turut menyampaikan rasa bangganya sambil menyaksikan peluncuran tersebut.

“Perjalanan bersejarah dan penting yang penuh harapan," kata Menteri Negara Pendidikan Publik dan Teknologi, Sarah Bint Yousef Al Amiri dalam cuitannya di Twitter.

Sementara itu, astronot Al Neyadi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemimpin UEA, kedua orang tua dan seluruh keluarga yang memberikan dukungan.