43 Warga Jember Keracunan Makanan Hajatan 40 Hari Tetangganya

AKP M Makruf saat mengecek korban keracunan di Puskesmas Ambulu, Jember/RMOLJatim
AKP M Makruf saat mengecek korban keracunan di Puskesmas Ambulu, Jember/RMOLJatim

Sebanyak 43 warga Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember harus dilarikan ke Puskesmas Ambulu, pada Minggu (9/4), sekitar pukul 02.00 WIB. Mereka diduga keracunan makanan berkat acara selamatan 40 hari keluarga ibu TT, warga setempat. 


"Hingga saat ini (Minggu malam), tersisa 4 orang yang menjalani rawat inap di Puskesmas Ambulu," ujar Kapolsek Ambulu AKP Makruf dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (9/4).

Dia menjelaskan Polsek Ambulu menerima laporan bahwa Minggu, 9 April 2023 sekira jam 02.00 WIB, peristiwa kejadian keracunan massal.

Dia menjelaskan, peristiwa keracunan massal itu diduga berawal dari acara selamatan 40 hari dari meninggalnya bapaknya ibu TT, pada Sabtu (8/4). Acara tersebut dihadiri undangan sebanyak 60 warga sekitar dan kerabat TT.

Di acara tersebut, mereka diberi makanan soto, kemudian pulang membawa berkat tanpa merasakan apa-apa.

"Mereka yang mengkonsumsi makanan berkat ini, yang diduga mengalami keracunan dan langsung dibawa ke Puskesmas Ambulu, sekitar pukul 02.00 WIB," katanya.

Mendapat laporan peristiwa itu, Polses Ambulu langsung melakukan pengecekan ke Puskesmas Ambulu. Namun diantara beberapa korban itu, sudah ada yang diperbolehkan pulang dan hanya menjalani rawat jalan.

"Sudah saya cek pukul 13.00 WIB, masih ada sekitar 32 orang yang opname," terangnya.

Rata-rata keluhan yang diderita korban, diantaranya diare, mual-mual dan sesak napas.

Sejauh ini, Polsek Ambulu masih menyelidiki penyebab mereka keracunan. Untuk memastikan penyebabnya, petugas Puskesmas Ambulu membawa sampel makanan untuk dilakukan uji Laboratorium.