Arus Balik, Pemudik Jalur Kereta di Daop 8 Surabaya Hari Ini Capai 18 Ribu Penumpang

Pemudik yang menggunakan kereta api
Pemudik yang menggunakan kereta api

Tingkat kedatangan pelanggan KA di Hari ke-15 masa arus balik Angkutan Lebaran 2023 di Daop 8 Surabaya, tanggal 28 April 2023 tercatat sebanyak 22.006 pelanggan, dan untuk keberangkatan sebanyak 18.172 pelanggan.


Data tersebut menunjukkan jumlah kedatangan pelanggan lebih banyak ketimbang yang berangkat dari Daop 8 Surabaya.

Para pelanggan yang paling banyak tiba di Stasiun Surabaya Gubeng 42.630, Surabaya Pasarturi 35.051, Malang 21.326, dan lainnya tiba di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Angka penumpang yang tiba di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Selama masa Angkutan Lebaran 2023 tanggal 14-28 April 2023, KAI Daop 8 Surabaya telah melayani sebanyak 367.159 pelanggan yang berangkat dan 376.059 pelanggan yang tiba di wilayah Daop 8 Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan secara total sejak H+1 (24/4) hingga H+5 (28/4), terdapat sekitar 126.429 pengguna KA yang tiba. Mayoritas berasal dari Jogjakarta, Bandung, Semarang, Jember, Jakarta, dan lainnya.

"Jika dirata-rata pelanggan KA yang tiba di Daop 8 sebanyak 25.000 pelanggan selama H+1 hingga H+5 ini," ucapnya.

Untuk volume keberangkatan pelanggan dari Daop 8 Surabaya pada H+1 sd H+5, tercatat sebanyak 96.914 pelanggan dari Daop 8 Surabaya. Urutan terbanyak berada di Stasiun Surabaya Pasarturi 5.268 pelanggan, Stasiun Surabaya Gubeng 4.843 pelanggan, dan Stasiun Malang sebanyak 3.082 pelanggan. Selebihnya dari keberangkatan stasiun lain wilayah Daop 8 Surabaya.

Luqman Arif menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya memprediksi puncak arus balik bisa terjadi pada weekend ini, mulai 28 April hingga 1 Mei 2023. Pada tanggal tersebut, KAI Daop 8 mencatat rata-rata 20.000 pelanggan yang akan tiba di Daop 8, dan sekitar 18.000 pelanggan yang akan melakukan perjalanan dari Daop 8 Surabaya.

Lebihlanjut, saat ini masih tersedia beberapa KA bagi pelanggan yang akan melakukan perjalaan saat arus balik lebaran. Para pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access dan memanfaatkan berbagai fitur yang ada maupun memilih tanggal alternatif lain.

"Data ini menunjukkan bahwa KAI masih menjadi favorit masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya telah menggunakan Kereta Api sebagai transportasi utama dengan berbagai keunggulan," ucap Luqman Arif.

*KAI Daop 8 Himbau Pelanggan Perhatikan Anak dan Barang Pribadi*

Disisi lain, dengan banyaknya volume pelanggan ini tentu membutuhkan juga tingkat konsentrasi yang tinggi dari petugas untuk dapat mengatur dan menjaga ketertiban dan kenyamanan bagi pelanggan.

Seperti halnya pelanggan yang membawa balita dan anak-anak yang masih aktif melakukan aktifitas, hingga barang bawaan pribadi para pelanggan.

Luqman Arif  mengimbau bagi pelanggan yang membawa anak kecil dan barang bawaan agar selalu mengawasi keberadaannya. "Penumpang agar selalu melakukan pengawasan dan pendampingan baik saat di lingkungan stasiun maupun di dalam kereta api," pungkas Luqman.