Diiringi Tari Remo dan Gatot Kaca, PDIP Serahkan Berkas Bacaleg de KPU Jombang

PDIP Jombang usai menyerahkan berkas bacaleg di kantor KPU Jombang/RMOLJatim
PDIP Jombang usai menyerahkan berkas bacaleg di kantor KPU Jombang/RMOLJatim

Pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Jombang didampingi puluhan kader dan simpatisan mendatangi kantor KPU setempat, Kamis (11/5). Mereka datang menyerahkan berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024.


Ada hal yang berbeda saat iring-iringan puluhan kader partai berlambang banteng yang identik dengan warna merah tersebut. Mereka tiba di KPU Jombang yang berada di jalan KH Romli Tamim, dengan di iringi tarian remo dan sosok lakon pewayangan Gatot Kaca.

"Tarian Remo dan Gatotkaca memiliki filosofi tersendiri bagi pengurus PDIP Jombang. Kami diantar oleh Gatotkaca yang mempunyai filosofi otot kawat balung wesi, ini yang menandakan kami PDIP siap bertarung di pemilu 2024 nanti," kata Ketua DPC PDIP Jombang Sadarestuwati, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menyebut seluruh kader dan pengurus PDIP mulai dari pusat, provinsi, hingga daerah menyampaikan berkas ke KPU yang ada di daerah masing-masing yang dilaksanakan hari ini.

"Di Jombang PDIP mendaftar untuk yang pertama kali. Ini pertanda bahwa PDI Perjuangan di Kabupaten Jombang akan menang mutlak. Mendaftarnya sudah nomor 1 dan harinya hari baik," ujar Mbak Estu, panggilan akrab politsi yang juga anggota DPR RI Dapil VIII itu.

Politisi perempuan yang sudah menjadi anggota DPR RI tiga periode ini menegaskan melalui semangat gotong royong, PDI Perjuangan bertekad bulat menang di Pemilu 2024. Karena ada kaitannya dengan agenda Pemilukada (Pemilihan Kepala Daerah) di Kabupaten Jombang.

"Target kita 13 kursi, dan kita yakini PDI Perjuangan mampu mendapat lebih dari 13 kursi, ini semangat kami, dan tekat bulat kami, karena ada agenda yang lebih besar di kami," tandasnya.

Ia menambahkan, secara aturan PDI Perjuangan sudah dipenuhi. Sedikitnya ada 50 bacaleg yang telah didaftarkan. Termasuk kuota perempuan. Namun kuota perempuan di PDI Perjuangan Jombang terdapat 44 persen.

"Kita telah mendaftarkan kader terbaik dan telah tercukupi baik kuota perempuan, namun untuk perempuan sekitar 44 persen. Termasuk 10 yang sudah menjabat dan bacaleg muda, termasuk mahasiswa," jelasnya.

Sementara itu, Ayatulloh Khumaini anggota komisioner KPU Kabupaten Jombang menjelaskan, pada hari ke 11 pendaftaran bakal calon anggota DPRD Jombang di Pemilu 2024, sudah ada partai yang mendaftar.

"Hari ini yang sudah mengkonfirmasi ada 3 partai, yakni PDI Perjuangan, NasDem, dan Demokrat. Dan barusan PDI Perjuangan sudah mendaftarkan bacalegnya," jelasnya.

Ia menambahkan, berkas pengajuan bacaleg dari PDI Perjuangan tersebut, akan diteliti untuk selanjutnya ditentukan lengkap atau tidaknya berkas tersebut. Dan penentuan akan ditentukan pada tahapan selanjutnya.

"Berkas kami teliti dan tahapan verifikasi administrasi mulai tanggal 15 Mei sampai tanggal 23 Juni," pungkasnya.