Bupati Sanusi Buka Bimbingan Manasik Haji 2023

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Bupati Malang, H.M. Sanusi membuka acara Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Calon Jamaah Haji (CJH) Tahun 2023 di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Sabtu (13/5).


Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang  mendukung penuh atas diselenggaranya kegiatan Bimbingan Manasik Haji yang digelar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang.

"Semoga rahmat dan nikmat kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan senantiasa dikaruniakan kepada seluruh Calon Jamaah Haji dan panitia penyelenggara yang menjalankan manasik. Pemerintah Kabupaten Malang mendukung penuh atas diselenggarakannya kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini," ujarnya. 

Selain itu, H.M. Sanusi mengingatkan Kemenag Kabupaten Malang sebagai salah satu pihak penyelenggara ibadah Haji, agar ke depan terus meningkatkan pelayanan terhadap para jamaah. Serta menghimbau kepada seluruh pihak penyelenggara ibadah haji, untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan memberikan keamanan juga kenyamanan kepada jamaah.

"Bagi Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Malang, saya juga berpesan untuk mempersiapkan dan menjaga kesehatan fisik, maupun mental sebelum berangkat ke Tanah Suci. Hal tersebut guna menjamin agar para jamaah dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk, tenang, dan aman," tuturnya. 

"Selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini. Selain menjadi wadah untuk menambah bekal pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan Rukun Islam yang kelima yakni Ibadah Haji, semoga kegiatan ini juga dapat mempererat tali silaturahmi serta dapat lebih meningkatkan keimanan kita semua kepada Allah SWT," imbuh orang nomer satu di Kabupaten Malang tersebut. 

Kemudian, H.M. Sanusi juga menyampaikan, bahwa kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini digelar sebagai ikhtiar mempersiapkan diri sebagai CJH. Pelaksanaan manasik haji pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pedoman kepada setiap jamaah yang hendak melaksanakan haji. 

" Dari kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah tentang apa sebenarnya tujuan dari berhaji. Diantaranya seperti Rukun Haji, Persyaratan, Wajib Haji, Sunah Haji juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama perjalanan Haji," pungkasnya. 

Nampak dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, H. Sahid, para alim ulama, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, dan kurang lebih 1800 peserta Bimbingan Manasik Haji CJH 1444 H / 2023 M.