SIG Dukung Kemenag Tuban Kegiatan Bimbingan Manasik Haji

POTO: Pembukaan praktek manasik haji di Graha Sandiya, Komplek Perdin SIG, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban
POTO: Pembukaan praktek manasik haji di Graha Sandiya, Komplek Perdin SIG, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban teken Mo Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Selasa (23/5)


Nota kesepakatan antara perusahaan semen BUMN dengan Kemenag Tuban tersebut terkait dengan kerjasama dalam pelaksanaan bimbingan manasik ibadah haji tahun 2023 di Kabupaten Tuban.

Senior Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban, Setiawan Prasetyo, mengatakan bahwa pada tahun ini perusahaan juga memberikan bantuan beberapa fasilitas untuk para jamaah haji Kabupaten Tuban seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini perusahaan memberikan dukungan berupa bantuan fasilitas untuk jamaah haji, antara lain gedung Graha Sandiya dan open space  area Perumahan Dinas (Perdin) SIG yang telah dilengkapi dengan miniatur Kabah beserta sarana penunjang lainnya untuk keperluan bimbingan praktek pemantapan manasik haji,” ungkapnya dikutip Kantor Berita Berita RMOLJatim 

Lebih lanjut Setiawan Prasetyo mengatakan bahwa perusahaan juga membantu satu unit armada bus untuk pemberangkatan dan penjemputan jamaah haji Kabupaten Tuban ke/dari Asrama Haji Surabaya serta membagikan tas untuk para calon jamaah haji. 

"Kami berharap yang perusahaan berikan ini dapat bermanfaat guna menunjang kelancaran para calon jamaah haji dalam menjalankan ibadah dan semoga menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Setiawan Prasetyo juga menyampaikan kepada seluruh calon jamaah haji saat di Tanah Suci nanti untuk turut mendoakan perusahaan agar diberikan kelancaran dalam operasionalnya, agar perusahaan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

“Kami berharap para calon jamaah haji juga menyelipkan doa untuk SIG agar tetap unggul menghadapi segala tantangan di era industri persemenan yang semakin kompetitif ini, sehingga perusahaan dapat meningkatkan pula kontribusi positif kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tuban, H. Ahmad Munir mengatakan bahwa pada tahun 2023 ini jamaah haji Kabupaten Tuban ada 1.228 orang.  Para calon tamu Allah tersebut dibagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni 18. 19, dan 24.

“InsyaAllah jamaah haji ini bakal diberangkatkan pada tanggal 30 Mei nanti dari Pendopo Krido Manunggal Tuban sekitar pukul 16.00 WIB,” ujarnya.

Menurutnya, ada sekitar 30 persen dari total jamaah haji yang lanjut usia. Sehingga, hal ini memerlukan pendampingan agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar.

"Kami berharap untuk jamaah haji yang muda nanti dapat membantu dan mendampingi yang sudah sepuh,” katanya.