Terduga Anggota KST di Yahukimo Ditangkap, Terlibat Penembakan Brimob Tahun 2022

 Penangkapan KB salah satu terduga anggota KST di salah satu rumah yang beralamat di Perumahan Eselon 4, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Rabu (31/5)/Ist
Penangkapan KB salah satu terduga anggota KST di salah satu rumah yang beralamat di Perumahan Eselon 4, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Rabu (31/5)/Ist

Polres Yahukimo bersama Ops Damai Cartenz 2023 menangkap terduga anggota Kelompok Separatis Teroris (KST) berinisial KB di salah satu rumah yang beralamat di Perumahan Eselon 4, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Rabu (31/5).


Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyebut penangkapan KB terjadi setelah aparat melakukan penggerebekan di salah satu rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian KST di Yahukimo.

Ternyata benar, saat ditangkap dan diinterogasi, KB pernah terlibat dalam penyerangan anggota TNI-Polri.

“KB juga diketahui banyak terlibat dalam aksi-aksi Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, salah yakni salah satunya penembakan anggota Brimob di KM 7 pada November 2022 lalu,” kata Benny dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Selain itu, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto, menambahan, proses penggerebekan tersebut juga berawal dari keterangan petinggi KST yakni Kopi Tua Heluka (KTH) yang saat ini dalam proses penyidikan oleh Sat Reskrim Polres Yahukimo.

Dari penangkapan ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti.

“Beberapa barang bukti berupa 1 buah anak panah, busur, celana berwarna loreng, noken berwarna merah putih, gelang berwarna merah biru, HT, 2 bilah parang serta 3 buah kalung,” terangnya.

Kini, KB telah berada di Polres Yahukimo untuk menjalani penyidikan.

“KTH dan KB akan menjalani pengembangan penyidikan lebih lanjut guna keterkaitan para pelaku lainnya atas beberapa kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Yahukimo,” pungkasnya.rmol news logo article