DPRD Sidoarjo Desa Bupati Sidoarjo Segera Berhentikan Kades Yang Nyaleg

Bambang Riyoko Wakil Ketua DPRD Sidoarjo
Bambang Riyoko Wakil Ketua DPRD Sidoarjo

Banyak kepala desa (Kades) di Kabupaten Sidoarjo maju sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. Fenomena ini menarik perhatian Bambang Riyoko Wakil Ketua DPRD Sidoarjo. Ia mendesak Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dapat segera memberhentikan kades yang mendaftar sebagai bacaleg.


Desakan dari politisi PDI-P tersebut berdasar pada UU No 6 tahun 2014 tentang desa. Dalam aturan tersebut disebutkan kades aktif dilarang terlibat politik praktis.

“Apalagi sudah mendaftar sebagai bacaleg, Jadi seyogyanya Pemkab Sidoarjo segera memproses pemberhentiannya,” kata Bambang Riyoko (2/6).

Legislator PDI Perjuangan itu menambahkan, langkah cepat tersebut mutlak dilakukan Pemkab Sidoarjo demi menjaga iklim kompetisi yang adil antar para bacaleg. “Intinya, lebih cepat lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu Asisten 1 Sekda Sidoarjo Ainur Rohman menjelaskan surat pernyataan pengunduran diri itu belumlah cukup bagi Pemkab untuk memproses penerbitan SK pemberhentian untuk kades yang kini berstatus bacaleg.

Pihaknya masih membutuhkan dokumen lagi berupa surat perjalanan pemberhentian kades dari BPD pada bupati melalui camat setempat.

“Apabila dokumen-dokumen itu sudah lengkap, maka akan segera kami proses tanpa menunggu penetapan DCT, karena DCT itu ranahnya KPU bukan ranah Pemkab Sidoarjo,” jelasnya.

Diakuinya hingga saat ini belum menerima surat anjuran dari BPD tersebut. Namun diminta sudah mengkomunikasikan hal ini pada camat untuk diteruskan ke semua BPD, agar segera mengajukan dokumen itu ke Pemkab untuk bisa segera diproses.

“Tanpa surat BPD itu kami tidak akan memproses, regulasinya begitu,” tukas Ainur.

Seperti diketahui, ada lima Kades di Kabupaten Sidoarjo ini yang maju sebagai bacaleg pada pemilu tahun 2024 nanti.

Diantaranya Kades Pabean-Sriatun, Kades Bluru Kidul-Tri Prasetyono, Kades Kramat Jegu-Sukimin dan Kades Sidokepung-Elok Suciati yang berangkat dari PKB. Selain itu ada juga Kades Sarirogo-Yunan Faruq Efendi yang mencalonkan diri melalui Partai Nasdem.