Hasil Pertandingan Indonesia di GBT, 10 Persennya Akan Disumbangkan Untuk Rakyat Palestina

Erick Thohir/ RMOLJatim
Erick Thohir/ RMOLJatim

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan pihaknya bersama Pemkot Surabaya telah menyepakati bahwa 10 persen hasil penjualan tiket FIFA Matchday antara Indonesia vs Palestina akan disumbangkan untuk rakyat Palestina, khususnya untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Pertandingan tersebut rencananya akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada 14 Juni 2023.


"Ini merupakan persahabatan dari dua negara. Karena itu tadi saya dan para Exco PSSI dan Pak Wali (Kota Surabaya) memutuskan nanti 10 persennya hasil penjualan tiket kita akan sumbangkan untuk perjuangan rakyat Palestina yang hari ini memang masih berjuang," kata Erick saat meninjau kesiapan Stadion GBT di Surabaya, Selasa (6/6).

Erick melanjutkan, sumbangan tersebut juga dimaksudkan untuk menegaskan keseriusan Indonesia yang sejak dulu menyuarakan bahwa kemerdekaan adalah hak daripada semua bangsa. "Jadi Insya Allah ini pertandingan yang sakral, yang baik. Tidak hanya penting untuk meraih poin," ujarnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, digelarnya FIFA matchday Indonesia vs Palestina di Surabaya sebagai dukungan masyarakat Surabaya untuk kemerdekaan Palestina. Eri bahkan menjanjikan akan menjamu makan malam, tidak hanya bagi pemain Timnas Indonesia, tetapi juga Timnas Palestina.

"Untuk menjalankan FIFA matchday Indonesia melawan Palestina ini pembuktian bahwa Surabaya akan selalu mendukung kemerdekana Palestina," kata Eri.

Eri pun mengajak seluruh warga Kota Pahlawan untuk memenuhi Stadion GBT saat digelarnya laga FIFA matchday tersebut. Tidak saja untuk memberikan dukungan bagi Timas Indonesia, tetapi juga agar dana yang terhimpun dan bisa disumbangkan untuk kemerdekaan Palestina juga semakin besar. 

"Saya berhaeap seluruh warga Kota Surabaya khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia, kita hadir di GBT untuk mendukung Indonsia. Dan mendukung perjuangan Indonesia untuk Palestina," ujarnya.