Permintaan Tes Swab Covid-19 Meningkat, Ini yang Dilakukan Lembaga Penyakit Tropis Unair

Universitas Airlangga (Unair) lakukan pembenahan terhadap layanan kesehatan masyarakat. Hal ini menyusul meningkatnya jumlah kasus Covid-19 yang membuat Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) harus berbenah.


Bukan hanya RSUA, tetapi juga Lembaga Penyakit Tropis (LPT) milik Universitas Airlangga lakukan penataan internal.

Hal ini disampaikan Ketua Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Universiitas Airlangga, Suko Widodo dalam siaran persnya pada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (27/5).

Menurut Suko, kebijakan penataan internal berimbas pada pengaturan layanan tes swab atau tes  polymerase chain reaction (PCR) pendeteksi Covid-19. 

Suko mengutip laporan Prof. Maria Inge Lucida, direktur LPT Unair terkait kebijakan internal ke Dinas Kesehatan Jawa Timur tertanggal 26 Mei 2020.

Sebelumnya pihak manajemen sempat membuat surat pemberitahuan tertanggal 25/5/2020 tentang pembatasan layanan yang ditandatangani Dr. Hamzah, dr., Sp.An., KNA, Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan.

Isi surat pemberitahuan tersebut memuat tentang keterbatasan kapasitas perawatan pasien Covid-19 dan penyesuaian layanan. 

Pada surat tersebut juga tertulis tentang penutupan sementara layanan pasien baru Covid-19.

Berkait dengan penutupan sementara tersebut, Suko meluruskan bahwa yang dimaksud bukan penutupan.

“Bukan penutupan, tetapi penataan internal,” jelas Suko.

Lebih lanjut Suko, penataan internal layanan tes dengan pembatasan penerimaan sampel atau spesimen tersebut hanya berlaku sementara. Alasan utama pembatasan untuk menjaga kualitas layanan.

“Permintaan tes swab cukup tinggi. LPT juga berkewajiban memberi layanan terbaik”, ujar Suko.

Karena itulah, imbuh Suko, dibutuhkan waktu untuk menata manajemen layanan.

Suko berharap kebijakan penataan tersebut segera selesai sehingga LPT bisa melayani lebih banyak dan lebih cepat.

Dikatakan Suko, selama ini LPT Unair mendapat kepercayaan untuk melakukan tes swab dari Departemen Kesehatan RI. LPT Unair juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, karena ditunjuk melayani tes swab dalam cakupan wilayah yang luas.