Dinas Kesehatan Hewan Probolinggo Pantau Sapi Berkepala Dua

Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memeriksa sapi berkepala dua/RMOLJatim
Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memeriksa sapi berkepala dua/RMOLJatim

Sapi berkepala dua dan bermata empat di Desa Pondok Wuluh Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, menyita perhatian publik. Bahkan, petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, langsung turun ke lokasi.


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Yahyadi, mengatakan, kalau kondisi sapi yang unik tersebut dalam keadaan sehat.

"Sapi itu lahir dengan keadaan sehat, dan saat ini ditangani oleh tim Dokter Kesehatan Hewan. Saat masih dalam kandungan, baik induk maupun bayi sapi diberi vitamin," jelasnya pada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (10/8) siang.

Menurut Yahyadi, sapi tersebut lahir secara manual. Bahkan, tidak ada kelainan dalam proses persalinan sapi itu. Hanya saja memang unik karena kepalanya ada dua dan berdempetan. 

"Sapi tersebut memang lahir dalam keadaan normal. Ada sapi yang kawin suntik melahirkan sapi normal, sedangkan sapi berkepala dua ini hasil kawin manual dan ini unik," jelasnya.

Selain itu, pihaknya saat melakukan pengawasan terhadap sapi berkepala dua tersebut.

"Kalau sapi itu sehat tentunya akan jadi tontonan. Oleh karena itu kami sudah menugaskan petugas dan dokter hewan, serta korwil dan korcam dinas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, seekor sapi di Desa Pondok Wuluh Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo lahir dengan dua kepala.