Uang Kertas Rp 75 Ribu Resmi Dirilis, Peringati Kemerdekaan RI ke-75

Uang kertas baru pecahan Rp 75 ribu/Net
Uang kertas baru pecahan Rp 75 ribu/Net

Uang kertas Rp 75 ribu resmi dirilis Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun.


Peluncuran tahun ini merupakan kali keempat setelah sebelumnya penerbitan peringatan Kemerdekaan ke-25 Tahun pada 1970, Kemerdekaan ke-45 Tahun pada 1990, dan Kemerdekaan ke-50 tahun pada 1995.

"Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI telah melalui berbagai perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018. Untuk pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI telah melalui koordinasi antara berbagai pihak, seperti BI, Kemenkeu, Kemensos, Kemensetneg, dan para ahli waris pahlawan,” jelas Menteri Keuangan, Sri Mulyani dikutip Kantor Berita RMOLJatim dalam sambutannya saat pemuncuran peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI secara virtual, Senin (17/8).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo, menuturkan peluncuran tahun ini merupakan kali keempat setelah sebelumnya penerbitan peringatan Kemerdekaan ke-25 Tahun pada 1970, Kemerdekaan ke-45 Tahun pada 1990, dan Kemerdekaan ke-50 tahun pada 1995. 

"Ke depan Insya Allah Uang Peringatan Kemerdekaan RI akan dikeluarkan setiap 25 tahun sekali," ucap dia.

Uang ini dicetak sebanyak 75 juta lembar dan ditandatangi oleh Menteri Keungan, selaku wakil pemerintah, dan Gubernur BI. 

Uang baru pecahan Rp 75 ribu yang dirilis bergambar Proklamator RI Soekarno–Hatta belatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945. 

Di sisi lain uang ada siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Selain itu ada gambar gambar satelit di sebelahnya.

Dilansir dari Bank Indonesia, Uang Peringatan (Commemorative Money) adalah Uang Rupiah yang dikeluarkan secara khusus untuk tujuan tertentu atau untuk memperingati suatu peristiwa yang berskala nasional atau internasional yang meliputi, Peringatan HUT kemerdekaan, Peringatan HUT peristiwa sejarah nasional atau Pelaksanaan kegiatan olahraga berskala internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Uang Peringatan hanya diterbitkan dalam waktu tertentu untuk memperingati peristiwa yang berskala nasional maupun internasional.