Jokowi Resmikan Tol Pertama di Aceh

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wali Nanggroe Malik Mahmud, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin/Ist
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wali Nanggroe Malik Mahmud, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin/Ist

Tol Sibanceh akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo. Tol Sibanceh merupakan jalan tol pertama yang pernah dibangun di Aceh.


Menurut Jokowi, pembangunan Tol Sibanceh termasuk paling cepat seperti proses pembebasan lahan.

“Ini paling cepat sepanjang yang saya tahu. Paling cepat,” ujar Jokowi di hadapan sejumlah pejabat daerah di Aceh, Selasa, (25/8).

Jalan tol ini terdiri dari empat seksi. Ini adalah pintu tol pertama dari rangkaian jalan tol yang akan membentang dari Aceh ke Sigli sepanjang sekitar 74 kilometer.

Adapun ruas tol Sibanceh seksi ini, yang menghubungkan Blang Bintang, daerah terdekat dari Banda Aceh, dan Indrapuri, hanya sepanjang 13,5 kilometer.

Namun Jokowi mengatakan proses pembebasan lahan tol Sibanceh ini mencapai 84 persen. Hal ini membuat proses konstruksi pembangunan dapat dilakukan secara cepat. Dia berharap kecepatan dalam pembebasan lahan ini dapat ditiru daerah lain di Indonesia agar seluruh jalan tol yang direncanakan dapat beroperasi penuh.

Jokowi mengatakan, keberadaan jalan tol ini akan mengurangi waktu tempuh perjalanan. Hal ini akan membuat proses pengiriman barang bisa lebih cepat serta memangkas biaya logistik.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap agar jalan tol ini juga terhubung dengan sentra pertanian, pariwisata, dan industri. Jokowi juga meminta pemerintah daerah melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan keberadaan jalan tol tersebut.

“Agar Aceh menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera,” kata Jokowi melansir pemberitaan Kantor Berita RMOLAceh.

Usai meresmikan Sibanceh, Jokowi diagendakan untuk menyerahkan Banpres Produktif Usaha Mikro kepada sejumlah perwakilan penerima. Jokowi juga diagendakan untuk memberikan pengarahan penanganan covid-19 secara terintegrasi di Aceh.

Sore nanti, Jokowi akan bertolak kembali menuju Jakarta bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan sejumlah pejabat lain.

Setibanya di Aceh, Jokowi disambut oleh Wali Nanggroe Malik Mahmud, pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin.