Pemkab Jombang Terima Bantuan CSR Mobil Pelayanan dari Bank Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menerima bantuan CSR mobil pelayanan dari Bank Jatim/RMOLJatim
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menerima bantuan CSR mobil pelayanan dari Bank Jatim/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menerima bantuan CSR mobil pelayanan dari Bank Jatim. Upaya mempermudah pelayanan dan meningkatkan penerimaan Pajak Daerah dan Pendapatan Asli daerah dari sektor Pajak.


Penerimaan itu dilakukan di pendopo setempat pada Rabu, (09/09) dalam Launching Program CSR dan Launching e BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan). Masyarakat selaku wajib pajak dapat terlayani pembayaran PBB P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) melalui mobil tersebut dengan aplikasi online.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengatakan bahwa pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) melalui mobil ini sudah sah dan dapat menerima bukti pembayaran yang bisa dipertanggung jawabkan. Pelayanan pembayaran melalui mobil keliling ini dinilai cukup efektif dan membantu wajib pajak yang membayar PBB.

"Selain dekat, warga juga langsung dapat tanda bukti bayar yang sah sebagai tanda pembayaran PBB," jelasnya.

Mundjidah Wahab mengungkapkan bahwa dengan adanya upaya peningkatan pemungutan PBB P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan)dengan mobil keliling CSR Bank Jatim ini diharapkan lebih meningkatnya pelayanan PBB-P2 yakni mempercepat penyetoran pembayaran yang langsung bisa masuk ke Kas Daerah secara realtime.

Pelayanan kepada wajib pajak khususnya masyarakat yang akan melakukan perubahan dan/atau pembetulan SPPT PBB P2, sehingga dapat mengurangi masalah sosial yang berpotensi timbul karena adanya data SPPT PBB-P2 yang tidak sesuai," bebernya.

"Layanan pembayaran melalui mobil keliling ini juga diharapkan dapat berjalan secara  optimal guna meningkatkan penerimaan Pajak Daerah. Kami berterima kasih atas bantuan mobil ini, semoga bermanfaat," tuturnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim, Imam Subarkah mengatakan dengan adanya CSR mobil dari Bank Jatim, Bapenda Kabupaten Jombang dapat melakukan terobosan dengan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pajak daerah lainnya dilakukan melalui pembayaran online mobil pajak keliling.

"Dengan pelayanan yang dilakukan secara bergilir dari satu desa ke desa yang lain," pungkasnya.

Hadir menyaksikan penyerahan CSR tersebut, para Asisten, Kepala Inspektorat, Kepala Bappeda, Kepala Bappenda, serta para Camat Se Kabupaten Jombang, Direktur TI dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetya, Pimpinan Corporate Secretary Bank Jatim Pusat Glemboh Priambodo dan Pimpinan Bank Jatim Cabang Jombang Mukti Nur Rahman.