Jalin Persaudaraan, 31 Tahun Pengusaha Nonmuslim Jombang Berbagi Sembako di Bulan Ramadan

Warga Jombang saat antre pembagian paket sembako di rumah pengusaha nonmuslim, Chandra Irwanto atau Le Chieng/RMOLJatim
Warga Jombang saat antre pembagian paket sembako di rumah pengusaha nonmuslim, Chandra Irwanto atau Le Chieng/RMOLJatim

Pengusaha nonmuslim, Chandra Irwanto atau Le Chieng (69) asal Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang membagikan paket sembako kepada masyarakat sekitar di hari ke-25 bulan Ramadan.


Pembagian paket sembako berupa beras 3 Kg, minyak goreng, gula, dan tepung terigu tersebut digelar di halaman rumahnya. Nampak, warga tertib mengantre dengan dijaga Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat Kelurahan Kaliwungu.

"Pembagian paket sembako ini tidak ada motif apapun. Sebanyak 600 paket yang disediakan dan semua ini untuk cinta kasih kepada sesama saudara di Kelurahan Kaliwungu," kata Le Chieng, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (5/4).

Pengusaha minyak goreng ini menegaskan bahwa pemberian sembako merupakan hadiah atau sedekah untuk menjaga persaudaraan cinta kasih, toleransi dan atas dasar kemanusiaan.

"Kami seduluran tidak memandang suku, ras, agama apapun. Kita semua bersaudara," ujarnya.

Tradisi berbagi sembako, lanjut Le Chieng, sudah berjalan sekitar 31 tahun sejak 1993. Adapun sembako yang dibagikan tahun ini sebanyak 600 paket yang disalurkan kepasa warga, panti asuhan dan Yayasan Griya Cinta Kasih yang merawat ODGJ (orang dengan gangguan jiwa).

Ia berharap bantuan sembako ini dapat bermanfaat bagi masyarakat meski barang yang disalurkannya tidak begitu seberapa. Namun yang terpenting adalah nilai persaudaraan yang terjaga dengan harmoni.

Dalam pembagian sembako itu, Le Chieng meminta para lansia baris paling depan. Sehingga tidak menyulitkan antrean dan setelah para lansia mendapat bagian sembako itu langsung bisa pulang kembali ke rumahnya.

Karomah (73) salah satu penerima paket sembako mengatakan bahwa dirinya sepanjang tahun mesti menerima paket sembako dari Le Chieng tersebut. Bahkan, dirinya pernah dibantu merenovasi rumahnya.

"Setiap tahun saya selalu dapat sembako dari Le Chieng. Ini bermanfaat bagi saya untuk kebutuhan lebaran nanti. Pernah juga saya dibantu membangun rumah," pungkasnya.