Banser Jember Bersihkan Material Masjid Annibros Akibat Longsor 

Masjid Annibros yang kondisinya mengkhawatirkan akibat longsor/RMOLJatim
Masjid Annibros yang kondisinya mengkhawatirkan akibat longsor/RMOLJatim

Paska longsor kedua kalinya, Masjid Annibros  yang berada di sekitar Ponpes Annibros, lingkungan Gluduk Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, terancam longsor susulan. Karena itu anggota Banser GP Ansor cabang Jember, bersama masyarakat sekitar turun melakukan kerja bakti, membersihkan material longsoran.  


Menurut anggota Banser cabang Jember, H Holidi Zaini, longsor kali ini terjadi kedua kalinya sejak Selasa malam kemarin (16/3).

Longsor pertama terjadi pada bulan lalu pada sisi kiri masjid akibat hujan deras. Longsoran tersebut langsung segera mendapatkan penanganan.

"Sahabat Banser PAC Patrang sudah turun membantu bersama masyarakat sekitar," ujar Holidi kepada Kantor berita RMOLJatim, Rabu (17/3).

Namun kemarin sekitar pukul 21.00. WIB, terjadi longsor kembali pada bagian bagian depan masjid, yang berada di atas tebing tersebut. Maklum lokasi masjid berada di sekitar pegunungan Argopuro.

Untuk mengantisipasi longsoran susulan, Banser bersama masyarakat sekitar dan santri bergotong royong membersihkan material longsoran. Selain itu, mereka juga menutup retakan sekitar mesjid dengan terpal supaya tidak kemasukan air saat hujan.

"Saat hujan gerimis tadi, pekerjaan mengumpulkan dan mengangkut batu dari sungai langsung dihentikan. Sebab berbahaya jika ada hujan, karena banyak retakan", katanya. 

Holidi menambahkan, selain membersihkan maerial longsor, dilanjutkan mengumpulkan batu dari sungai untuk kebutuhan penguatan pondasi masjid. Diakuinya, kondisi masjid di pondok yang diasuh Kyai Iskandar, sangat mengkhawatirkan. 

"Jika retakan kemasukan air, masjidnya bisa ambruk," tegas mantan skretaris GP Ansor cabang Jember ini.