Mumpuni Jadi Ketum, Hasto Dinilai Tak Punya Basis Massa Di PDIP

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto/Net
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto/Net

Meski telah dua periode menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan dan konsisten mengabdi kepada partai dengan tidak menjabat di pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif, peluang Hasto Kristiyanto dinilai kecil dan cukup jauh untuk menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan pasca Megawati Soekarnoputri.


"Jika pergantian di PDIP itu akan ke luar dari trah Soekarno, paling dekat itu kepada Pak Jokowi atau Pak Gandjar Pranowo. Kalau pak Hasto rasanya masih jauh," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti seperti ditulis Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/3).

Meski sementara kalangan sepakat bahwa Hasto memiliki modal lantaran mampu mengejewantahkan pemikiran Soekarno dan Megawati, namun hal tersebut tidaklah cukup. Hasto dinilai tak memiliki basis massa di PDIP.

"Beliau tidak memiliki pendukung kuat di lingkaran PDIP.  Sekalipun sebagai senior, beliau cukup memadai. Tapi sulit menunjuk basis massa beliau. Karena itu, rasanya beliau masih di level ketiga. Level 1 trah Soekarno, level 2 Jokowi dan Ganjar, lalu level 3 nama pak Hasto masuk," pungkas Ray.